Karier

One friend without hope of career is too many.

Iklan di Kompas untuk lowongan pekerjaan atau untuk menawarkan diri bekerja cukup besar bisa sampai dua halaman penuh. Juga media lain yang menawarkan Career Opportunities. Tetapi di lain sisi, banyak sekali orang yang tidak ada pekerjaan alias pengangguran. Mereka tidak bisa melamar pekerjaan karena constrain usia atau pengetahuan yang dimilikinya.
Misa hari Minggu di gereja-gereja Katolik di Australia, khususnya kota-kota besar, pasti ada doa khusus untuk orang yang jobless. Saya pernah ikut misa khusus buat orang yang tidak dapat kerja atau buat orang yang akan melamar pekerjaan. Saya sendiri tidak tahu mengapa gereja-gereja di Australia, baik Protestan maupun Katolik, sangat memperhatikan masalah karier dan pekerjaan umatnya. Padahal rata-rata semua umat bekerja. Cuma sejumlah kecil orang saja yang jobless, tapi perhatian yang diberikan sangat luar biasa.
Sebaliknya di Jakarta. Ada begitu banyak pengangguran dan orang yang susah cari kerja, tetapi sampai kini belum pernah ada doa khusus buat pengangguran apalagi misa khusus untuk orang Pengangguran.
Menyoroti masalah pengangguran oleh pihak Gereja sebenarnya meletakkan arah dasar pastoral utama. Alasannya adalah bahwa tanpa dukungan spiritual yang kokoh, maka kita akan mengalami sumber daya manusia (SDM) yang sangat lemah dalam menjalankan kariernya. Ini sumber dan cikal bakal korupsi dimulai.
Sepeninggalnya Presiden Soeharto saat turun jabatan beliau di wawancara eksklusif oleh News Strait Times. Temanya menyoroti masalah apa yang terjadi dengan negara kita tercinta. Beliau mengatakan bahwa Indonesia akan mengalami masa sulit yang berkepanjangan, terutama masalah tenaga kerja. Hal ini muncul karena kurangnya penghargaan terhadap SDM. Kita semua perlu berdoa semoga Bangsa Indonesia bisa selamat dan segera keluar dari krisis berkepanjangan.
Saya masih ingat kata beliau yang mengutip primbon Djoyoboyo : ”Jamane saiki Jaman edan, sing penting iling lan waspodo sampune persiapan pekerja sing ulet tanpo lelah” (Sekarang jaman memang gila tetapi yang penting kita harus sadar dan waspada, terutama siap bekerja keras tanpa lelah)
Saya bekerja untuk UN terutama bidang logistik buat UNHCR. Semboyan yang dipakai oleh UN adalah : “One refugee without hope is too many”! Sedangkan ada semboyan lain yang saya copy : “Bekerja sebagai petugas pengungsiaan sama dengan lampu dengan minyak terbatas”!
“Karier ibarat lampu dengan minyak terbatas”! Sebenarnya kita sungguh membutuhkan kekuatan spiritual untuk membangun karier kita. Jadi, perhatian khusus kepada para buruh, pekerja dan karyawan dimaksudkan untuk memberikan semangat. Istilahnya memberi bekal minyak untuk lampu yang dimilikinya, sehingga tidak habis di tengah jalan.
Tingkat pengangguran berjalan paralel dengan kekuatan ekonomi negara dan bertolak belakang dengan GDP (Gross Domestic Product). Saya rasa kita semua sadar akan hal ini.
Mari kita bangkit untuk memberikan perhatian khusus kepada pekerja dan para pencari upah dengan kekuatan Roh Kudus. Itu bertujuan untuk membangun tenaga kerja. Karier yang bagus bagi setiap insan, khususnya yang mengenal Dia.

69 responses to this post.

  1. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 4:09 pm

    karier adalah semua pekerjaan atau jabatan yang dipegang selama masa kerja seseorang. Karirmenunjukkan perkembangan para karyawan secara individual dalam suatu jenjang ataukepangkatan yang dapat dicapai selama masa kerjanya dalam suatu organisasi.

    Reply

  2. Karier itu menunjukkan bahwa kita masih mempunyai semangat untuk berkarya dalam mengejar cita-cita. Tapi banyak orang yang terkadang terlalu mementingkan karier sehingga mereka mengesampingkan urusan keluarga. Ini adalah hal yang buruk menurut saya karena ia berkarier tanpa berlandaskan kekuatan spiritual yang kokoh, sehingga ia menjadi lupa bahwa tugas utamanya di dunia adalah untuk melayani sesama.

    Reply

  3. Karier di Indonesia memang kurang diperhatikan, mungkin karena terlalu banyak masyarakat sehingga menyulitkan seseorang untuk bekerja. Mengapa diluar negeri sebuah pekerjaan sangat di perhatikan ? hal ini karena disana terdapat banyak lapangan pekerjaan dan hanya sedikit yang tidak bekerja sehingga yang belum mendapat pekerjaan hanya sedikit orang dan diusahakan untuk cepat mendapat pekerjaan. Sedangkan di Indonesia sangat sulit menghitung jumlah orang yang penggangguran. Di samping itu kurangnya lapangan pekerjaan menjadi salah satu penyebabnya.

    Reply

  4. Posted by sylvia on December 20, 2012 at 1:49 am

    setiap orang membutuhkan karier untuk mencukupi hidupnya. karier tidak hanya untuk dicari tetapi kita bisa membuka usaha sendiri. apabila kita mencari karier kita harus memenuhi syarat yang telah di tentukan dimana kita harus mempunyai skill, umur yang memenuhi syarat dll.

    Reply

  5. karier itu adalah kerja untuk kita bisa memenuhi kebutuhan kita. dan di karier itu kita bisa mendapat banyak pengalaman kerja. tetapi untuk bisa berkarier itu tidaklah gampang, itu membutuhkan perjuangan yang besar untuk berkarier. dan dengan karier juga kita bisa sukses dan meraih cita-cita kita.

    Reply

  6. Karier memanglah penting untuk hidup kita,sebab dengan karirlah kita bisa memenuhi kebutuhan hidup kita.Tapi tanpa kesatuan hati untuk berdoa,kita tak akan bisa mendapatkan jenjang karir yang sesuai.

    Reply

  7. karier adalah perkembangan dan kemajuan dalam pekerjaan seseorang, dan dengan adanya karier kita dapat memenuhi kebutuhan kita. tapi tampa kesatuan hati untuk doa kita tidak akan mendapatkan jenjang karir yg kita inginkan.

    Reply

  8. bila kita ingin berkarier yang sukses kita perlu bekal yang cukup agar kita melakukan karier tersebut dengan baik dan benar

    Reply

  9. dalam berkarier pastinya kita akan memegan penuh prinsip kita..tentunya pasti akan ada gangguan selama kita berkarir,maka dari itu bulatkanlah tekad sebelum kita benar benar melakukan apa yang akan kita lakukan

    Reply

  10. karier menunjukkan tidak hanya dapat dari mencari pekerjaan saja tetapi kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri. Kita dapat membuka usaha kecil (wirausaha) dan merekrut tenaga kerja yang sesuai dengan ahlinya. Hal tersebut dapat mengurangi tingkat penggangguran.

    Reply

  11. Posted by cheri meirani on June 15, 2013 at 11:29 am

    karir merupakan tujuan hidup kita dengan kita memiliki karir yang baik dalam pekerjaan akan mempengaruhi kualitas hidup kita. dan kita juga harus berdoa dan mengucap syukur kepada tuhan atas karir yang telah kita miliki.karena karir yang kita miliki bukanlah usaha yang kita lakukan sendiri melainkan tuhan yang telah menyediakan.

    Reply

  12. Posted by Maorel on June 15, 2013 at 3:38 pm

    Semua orang pasti ingin mempunyai karir yang menjanjikan. Dengan karir yang baik maka akan mencukupi kehidupan kita dari segi materi dan menaikan kualitas hidup. Namun tidak mudah untuk mendapatkannya oleh karna itu kita tidak boleh mudah putua asa tetap semangat dan terus berjuang

    Reply

  13. Karier memang penting, tapi jika kita sampai menghilangkan semua kegiatan bersama teman atau pacar atau keluarga, itu semua akan sia sia, pengorbanan yang kita keluarkan untuk karier tidak seimbang dengan apa yang kita dapat.

    Reply

  14. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 11:00 am

    Manusia harus memiliki pekerjaan untuk mencari nafkah. seseorang yang Jobless atau pengangguran , bisa dikarenakan kurangnya usaha orang tersebut dalam belajar ataupun memang lifestylenya tidak baik. Satu-satunya cara agar orang tersebut mendapat pekerjaan yaitu kalau ia mau berubah dan berusaha keras

    Reply

  15. Posted by LeonardArden on June 21, 2013 at 4:19 pm

    Karier sangat penting dalam hidup seseorang, karena ini menggambarkan kehidupan dimasa sekarang maupun masa depan. jenjang karier seseorang sangat berpengaruh dalam kehidupan orang tersebut, semakin orang tersebut tidak maju, begitu pula dengan karier nya yang akan tersendat seiring dengan kehidupannya.

    Reply

  16. Kita memerlukan karier yang bagus untuk menunjang hidup kita. Didalam karier memang mungkin ada maju mundurnya tetapi kita tidak boleh berputus asa dan harus menjalaninya dengan semangat. Karier yang bagus nantinya akan mendorong kehidupan kita menjadi lebih baik.

    Reply

  17. Posted by rara anggita on March 24, 2014 at 4:59 pm

    semua org ingin memiliki karir yg bagus sesuai dng cita-cita. karena itu kt harus terus bekerja dengan sungguh-sungguh demi mencapainya. bkn hanya itu, keinginan kt untuk menyenangi org tercinta jg dapat menjadi bahan bakar untuk mencapai cita-cita tsb

    Reply

  18. Posted by Rendy on March 27, 2014 at 3:48 pm

    Karier itu memang penting dalam hidup kita dimana kita sendiri harus mengembangkan karier kita sebesar-besarnya agar kita bisa berfikir dan belajar menjadi lebih baik. sebelum memilih karier kita, kita harus memikirkan apa yang jadi planning kita dalam mengembangkan potensi kita dikarier yang kita ambil

    Reply

  19. Posted by Windiana on March 27, 2014 at 4:34 pm

    Karir merupakan kebutuhan yang harus terus ditumbuhkan dalam diri seseorang tenaga kerja, sehingga mampu mendorong kemauan kerjanya. Pengembangan karir harus dilakukan melalui penumbuhan kebutuhan karir tenaga kerja, menciptakan kondisi dan kesempatan pengembangan karir serta melakukan penyesuaian antara keduanya melalui berbagai mutasi personal.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: