Seragam

Seragam membuat kita merasa sehati sejiwa (Cor unum et anima una)

Tanda Salib

Sejak tahun 1986, perusahaan saya sudah menggunakan seragam. Entah siapa yang mulai, tapi kompak banget. Coba saja kunjungi gedung kantor kami. Di gedung kantor ada 90-an perusahaan, tapi hanya beberapa perusahaan saja yang menggunakan seragam, seperti BNI 46, Pertamina, dll. Saya sendiri suka sekali memakai seragam sebagai suatu kebanggaan tersendiri. Lagian hemat karena tidak perlu banyak baju. Senang juga setiap pagi karena tidak bingung memilih baju, tetapi juga senang kalau jumpa yang seragamnya sama karena rasanya seperti saudara.
Di Surabaya, suatu sore hari saya melewati Jalan Tunjungan, saya jumpa seorang ibu. Dia bersama putranya berseragam SMA Frateran Surabaya. Saya mantan dari sana. Mereka ada di tepi jalan sepertinya sedang ada masalah. Karena sedang bersitegang dan kelihatan cenderung mau berantem, maka gara gara itu seragam, terpaksa saya minta sopir agar berhenti. Sayangnya, di jalan itu tidak ada fasilitas parkir, sehingga saya yang turun, sedangkan sopir saya suruh putar-putar.
Cerita berlanjut, kata orang Cina tua dahulu, kalau menyebutnya terlalu Kee Poo (suka mencampuri urusan orang lain). Saya bertanya ada masalah apa? Ternyata ibu ini berdagang kue. Dia ambil kue lalu jual, tapi karena sudah dua hari tidak nyetor, sang empunya kue datang nagih. Saya tanya berapa hutangnya? Sudah dua hari sama hari ini jadi tiga hari sebanyak 300 ribu rupiah. Lalu, saya katakan ok saya kasih 200 ribu, sisanya nanti ibu ini yang bereskan, empunya kue setuju terus langsung jalan.
Nah, kini cerita yang membuat aku jadi malu. Setelah selesai sang ibu berterima kasih, lalu saya tanya anaknya sekolah di Frateran ya? (Sok tau!!!). Lalu jawab ibu tersebut : “Bukan!”. Lho kok bisa pakai sseragam sekolah saya?
“Beli di loakan,” kata ibu tadi.
Kebetulan sopir saya sudah muter saya langsung ngacir. Naik mobil sambil senyum malu, kesel, jengkel sama diri sendiri gara-gara seragam dan gara-gara Kee Poo.
Pengalaman di atas selalu teringat di hati saya, tapi sudah hampir 8 tahun atau 10 tahun lalu. Saya sendiri tidak terlalu ingat, tapi pengalaman lucu ini kutulis buat sahabat semua lantaran ingin membuktikan saya cinta alma mater juga cinta adik-adik yang masih sekolah. Walaupun saya kecele karena orang pakai baju bekas sekolah saya.
Tetapi yang membuat saya bersuka cita adalah saya bahagia karena saya sudah menolong orang. Memang alasan pertama karena seragam, tetapi ada sesuatu energi yang menggerakkan hati saya untuk menolong orang tersebut. Meskipun, kemudian saya malu dalam hati.
Seragam memang memiliki suatu energi yang kuat. Bagaimana dengan seragam rohani kita sebagai pengikut Kristus?
Maukah kita menolong sesama pemakai seragam rohani? Atau kita merasa sehati-sejiwa dalam hidup berlingkungan? Di sana kita merasa bersatu dan bersekutu.
Tapi ada satu seragam kita yang saya paling suka lihat di TV, yang dipakai oleh Maradona, Susi Susanti, Pele, para atlit, dan bintang film. Itu seragam yang indah sekali dan tidak dimiliki orang lain, yaitu Atas nama Bapa, dan Putra dan Roh Kudus, Amin.
(Tanda Salib, dan khusus Katolik)
Semoga Tuhan memberkati dengan kasih karunia-Nya dan rahmat setia-Nya buat semua sahabatku.

43 responses to this post.

  1. saya sangat setuju dengan artikel ini karena Seragam memang memiliki suatu energi yang kuat.
    rohani juga harus mempunyai seragam supaya kita bisa bersatu dan bersekutu satu sama lain nya

    Reply

  2. seragam merupakan cerminan diri kita terhadap diman kita berada. dengan adanya seragam membuat kita menjadi kompak dan menjadi ciri tersendiri. seragama bukan hanya pakaian yang sama tapi kita menjadi mempunyai tujuan yang sama seperti kita berada di sekolah kita sama-sama membuat nama sekolah kita menjadi lebih baik dan sama-sama menjalankan visi dan misi bersama serta memberikan energi tersendiri.

    Reply

  3. saya sangat setuju dengan artikel diatas,menurut saya seragam adalah suatu cerminan diri kita terhadap apa yang kita pakai saat pergi ke suatu tempat.seragam membuat kita kompak dengan teman bukan cuma seragam yang kompak tetapi jiwa kita juga harus kompak,untuk mencapai misi yang telah dijalankan,marilah kita mendukung orang-orang yang berseragam rohani agar merasa bersatu dengan kita.

    Reply

  4. Posted by linda on December 3, 2012 at 5:01 pm

    seragam artinya kita memiliki kesamaan dan satu hati serta sebagai simbol lambang kebersamaan. Kita juga harus ingat bahwa kita semua manusia yang di ciptakan oleh Tuhan adalah seragam yaitu semua sama tanpa pembedaan dan kita juga harus ingat bahwa kita di ciptakan serupa menurut gambar dan citra Allah. Ini menandakan bahwa kita memiliki kesamaan oleh Allah sebagai makhluk hidup yang sempurna dan kita juga sama dengan manusia yang lain bahwa kita di ciptakan oleh Allah dengan siklus hidup dan mati yang sama. Oleh karena itu, kita harus saling mengasihi sesama manusia kita meski berbeda suku,agama,ras dan lain nya tapi kita seragam atau semua nya adalah saudara.

    Reply

  5. seragam menggambarkan kesetaraan yang ada dalam hidup manusia. seragam tidak membeda2kan siapa yang memakai dan untuk apa ia dipakainya.
    seragam rohani perlu dikenakan supaya hidup kita lengkap, dan terhindar dari godaan setan.

    Reply

  6. seragam rohani akan membuat kita terlihat berbeda dari orang-orang yang idak berseragam. kita akan terlihat berbeda dan membuat kita menjadi orang yang mudah dikenali. tentu saja saat kita memakai seragam itu, kita harus menjaga nama baik dari dimana seragam itu digunakan

    Reply

  7. Seragam adalah pakaian yang dapat menunjukkan jati diri kita dan tempat dimana kita bekerja atau bersekolah. Dengan adanya seragam yang sama, maka akan timbul lah rasa kekompakan dan kekeluargaan antara yang satu dengan yang lainnya. Seragam dapat membuat kita terlihat lebih berbeda dan berwibawa, orang-orang juga akan lebih mudah menemukan kita. Melalui seragam yang kita gunakan, kita diberi kepercayaan dan kuasa untuk menjaga nama baik perusahaan atau sekolah kita, maka kita harus menggunakan seragam tersebut sebagaimana mestinya dan tidak mencoreng nama baik dari seragam itu sendiri.

    Reply

  8. Posted by mariani purnama on December 4, 2012 at 6:04 pm

    sesama makhluk yang dikasihi Tuhan hendaklah kita saling menolong satu sama lain. seperti layaknya seragam sekolah, bila kita sama-sama percaya kepada Tuhan, kita sama seperti menggunakan seragam, yaitu seragam kerohanian.

    Reply

  9. Seragam mencerminkan kesederajatan diantara kita. Dengan seragam tidak ada orang yang akan merasa minder atupun kecil diantara yang lain. Oleh karena itu kita harus hidup selayaknya menggunakan seragam. Hidup dengan pandangan egaliter akan lebih baik jika dibandingkan kita menuruti ego dalam diri, kita bisa menjadikan orang lain sebagai media yang menjembatani kita dalam bergaul.

    Reply

  10. Ternyata ada juga orang yang rela turun dan membantu orang hanya karena seragam, saya baru tau ada orang seunik anda >.<
    Tidak usah anda merasa kesal atau malu karena anda sudah menolong orang, kita selalu menolong orang dengan alasan. Tapi anggap saja anda diutus Tuhan untuk membantu ibu itu. Karena itu merupakan suatu kebetulan dan suatu mukjizat untuk ibu itu. Teruslah berbuat baik, tapi jangan lupa diri karena sebaik-baiknya kita, masih ada orang yang lebih baik.

    Reply

  11. jika anda ingin melihat seseorang itu kompak sesama teman, anda dapat melihat bagaimana cara ia ber-penampilan sesuai dengan keseragaman hidup yang ia perlihatkan.

    Reply

  12. Sebenarnya kita semua sudah memakai seragam yang sama , yaitu seragam kasih sayang terhadap sesama.Akan tetapi , ada orang yang menyadari dan tidak menyadarinya , padahal seragam kasih sayang ini sudah dikasih oleh Tuhan sejak kita lahir.

    Reply

  13. seragam mempersatukan satu dengan yang lain dalam suatu kegiatan agar tidak ada perbedaan antara satu dengan yang lain. dengan melihat seragam maka kita bisa tahu dimana seseorang bekerja, sekolah, kuliah, dsb. terkadang saat kita memakai sebuah seragam ke tempat umum, kia harus menjaga tingkah laku kita agar tidak mempermalukan organisasi yang kita terlibat didalamnya, karena secara tidak langsung dengan memakai seragam maka kita sedang memperlihatkan organisasi kita kepada banyak orang.

    Reply

  14. Saya setuju dwngan artikel ini,,karena dengan berseragam kita akan merasa lebih dekat dan terasa tidak ada perbedaan diantaranya sehingga membuat kita lebih kompak dan memiliki ciri tersendiri

    Reply

  15. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 11, 2012 at 8:56 am

    seragam sangat penting bagi kita , apa lagi di pekerjaan dan sekolah .
    kalau kita tidak memakai seragam , teman sekantor tidak mungkin bisa mengenali kita atau saling menyapa kita . karna itulah seragam sangat penting bagi kita semua .

    Reply

  16. seragam merupakan suatu hal keserasian yang kita alami dalam hidup, keseragaman bukan berarti hanya pakaian. namun keseragaman dalam hidup juga bik dalam membantu hidup kita. contoh yaitu keseragaman agama, budaya dan lain-lain. dan keseragaman juga membantu kita dalam kedamaian dunia.

    Reply

  17. Posted by suryati c on December 11, 2012 at 3:14 pm

    seragam adalah hal yang penting bagi kita baik dalam sekolah, kuliah maupun pekerjaan di masing-masing perusahaan. misalnya kita berpakaian dengan seragam bisa kelihatan serasi dan rapi.

    Reply

  18. seragam merupakan baju yang melekat ditubuh seseorang yang mencirikan siapa dirinya (contoh : Polisi, TNI, siswa SD, SMP , SMK, PNS dll) Seragam menurut arti kata Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti sama ragam, corak dan budaya -pakaian
    seragam dibuat sehingga kita memiiliki keserasian yang sama antara satu dengan yang lainnya

    Reply

  19. Seragam sebagai simbol kesetaraan, tidak ada membedakan status. Seragam dibuat akan muncul keserasian antara yang satu dengan yang lain

    Reply

  20. seragam itu adalah sebuah simbol bahwa seseorang itu adalah bagian dari tempat itu.
    contoh nya apabila kita bekerja di pizza , kita akan mendapatkan seragam yang sama dan memakai seragam yang sama sehingga itu sudah menjadi simbol kita adalah pegawai pizza, sehingga orang tidak sulit untuk mengenali.

    Reply

  21. seragam sebagai simbol suatu kesamaan,

    cerita ini unik, hahaha
    pengalaman yang baik, menghasilkan yang baik, dan berdampak baik.
    jangan pernah menyesal untuk membantu sesama, karena membantu sesama, yang sesuai dengan kemampuan kita untuk membantunya, itu saling menyenangkan satu sama lain,,

    jangan membantu seseragam saja kalo perlu, lagi pula kan kita semua dikatakan “sesama manusia”🙂

    Tuhan Memberkati

    Reply

  22. Posted by Dewi Jayanti on December 14, 2012 at 3:59 am

    Kita akan tahu seseorang kita orang itu berpenampilan. berpenampilan seseorang itu mencerminkan bagaimana orang tersebut. Terkadang seseorang melihat orang dari cara berpakaian penampilan dari luar. ketika seseorang memakai baju Dinas, pasti orang lain tahu bahwa orang tersebut bekerja sebagai pegawai sipil dan sebagainya.
    Seragam ini juga bertujuan untuk menyamakan kesetaraan antara sesama manusia.

    Reply

  23. seragam:satu ragam:memiliki kesamaan.kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan memiliki derajat yang sama dan sebagai rakyat Indonesia kita memiliki banyak budaya,kepercayaan,etika,aturan yang berbeda tetapi kita tetap satu bangsa dan negara.

    Reply

  24. dengan menggunakan seragam yang sama , dapat membuat kita menjadi keserasian , dan juga memiliki derajat yang sama , memiliki kesamaan , dan juga , memiliki budaya dan aturan yang setara ….

    Reply

  25. pengalaman yang lucu juga ya.. hahaha😀
    memang memakai seragam memiliki kebanggaan tersendiri karena berarti kita berada dalam suatu komunitas ataupun organisasi. saya juga jadi teringat seragam saya waktu SMA, seragam yang unik, beda dengan sekolah-sekolah lain membuat saya bangga dan cinta terhadap sekolah tersebut.

    mengenai seragam rohani menurut saya, kita sebagai anak-anak Allah harus mempunyai jiwa dan iman yang kuat menyerupai iman Yesus, Yesus harus kita jadikan panutan dalam kehidupan kita agar seragam rohani kita kuat, karena seragam iman kita unik dibandingkan dengan Tuhan yang beragama lain.

    Reply

  26. seragam seperti jati diri kita,ketika seorang tentara memakai seragam tentara,tanpa dia bilang bahwa dia tentara pun kita tau kalaw dia sekarang adalah seorang tentara..makanya seragam adalah cerminan jabatan,jati diri,prilaku dan lain-lain

    Reply

  27. Posted by chelmizjel on December 16, 2012 at 1:55 pm

    seragam membuat kita terlihat sama. tanpa ada perbedaan tingkat sosial

    Reply

  28. seragam membuat semua orang terlihat sama, tak ada yang membeda bedakan. sehingga tidak menimbulkan sifat iri antar sesama, karena seragam tidak membeda bedakan status ekonomi..

    Reply

  29. Posted by steffanus sasteradinata on December 17, 2012 at 5:36 pm

    seragam membuat kita merasa satu level pada status sosial.. tiada kesenjangan pada status sosial..

    Reply

  30. seragam adalah bentuk kesetaraan semua . kaya maupun miskin

    Reply

  31. seragam adalah simbol kekompakkan dimana apabila kita memakai yang seragam maka akan terlihat sebuah kebersamaanya.

    Reply

  32. Seragam juga sebagai kamuflase atas status seseorang bila suatu kantor mewajibkan memakai seragam yang sama apakah ada yang tau dia seorang bos dan apakah ada yang tau dia seorang bawahan kecuali karyawan kantor itu. Tuhan juga memberikan kita seragam maka Tuhan tak pernah menbeda-bedakan kita.

    Reply

  33. Posted by charakitti on December 18, 2012 at 1:04 pm

    seragam emang bagusa asalakan pakainya benar bagus dan enak dipandang. dengan seragam yang terjadi diperusahaan memacu kekompakan suatu kelompok agar menjadi lebih baik. biakan seragam ayang negatip membedakan status orang

    Reply

  34. Posted by sylvia on December 20, 2012 at 2:38 am

    seragam memiliki arti kesamaaan yang membuat kita terlihat kompak. dengan memakai pakaian yang seragam membuat kita merasa seperti saudara dan tidak terjadi adanya iri hati dan perbedaan status.

    Reply

  35. seragam digunakan agar tidak terlihat adanya perbedaan antara satu dengan yang lainnya.

    Reply

  36. Posted by nemishi on December 20, 2012 at 12:44 pm

    Seragam memang baik, saya juga senang jika bisa menggunakan seragam yang sama dengan beberapa orang teman. Dengan seragam kami dapat menarik perhatian orang lain dan menunjukkan hal yang berbeda serta mudah di ingat oleh orang lain. Tetapi soal seragam sekolah, saya kurang setuju, karena sekarang sering terjadi tawuran pelajar, menyebabkan orang yang memakai seragam yang di benci musuh, ikut di pukuli juga.

    Reply

  37. menerapkan seragam di sekolah merupakan hal yg bagus karena dengan adanya seragam makan tidak akan membeda-bedakan miskin dan kaya.

    Reply

  38. seragam ini dibagi menjadi 2 tujuan :
    1 seragam yang menunjukan kalau dia adalah orang yang berbeda
    2.seragam yang menunjukan kalau kita adalah dalam 1 kesamaan…contoh seragam sekolah

    Reply

  39. Seragam itu seperti kita sekolah, Bhinekka tunggal ika, semua adalah sama, semua adalah keluarga, tidak ada perbedaan satu dengan yang lain, yang terlihat atau tidak, kita semua di sama ratakan.

    Reply

  40. Posted by LeonardArden on June 21, 2013 at 4:25 pm

    seragam ! dari kata berikut ini dapat di artikan “ragam yang sama” ini melambangkan kesetaraan / kesederajatan / kesamaan. karena itu bila di sekolah murid memakai seragam yang sama, itu melambangkan semua dari murid itu memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam sekolah itu. hal ini sangat baik untuk menciptakan kebersamaan.

    Reply

  41. Posted by Hendri on December 5, 2013 at 7:06 am

    seragam membuat diri kita terlihat sama dia antara yang lainnya. tidak adanya saling membeda bedakan.

    Reply

  42. Seragam merupakan cerminan diri dan merupakan kesatuan hati akan ideologis yang kita panut. Seragam menunjukkan satu kesatuan kebersamaan dan kesamaan pendapat dalam suatu hal. Seragam membuat kita tidak ada perbedaan, membuat kita menjadi lebih dekat dengan sesama.

    Reply

  43. seragam , dengan seragam kita lebih terlihat kompak dalam sesuatu hal. dan dengan seragam maupun itu orang kaya/ orang miskin, maka kita semua adalah sama.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: