Jembatan

Pembangunan akan majukan daerah. Jembatan sarana utama.

Jembatan Suramadu


Jembatan merah

Siapa tidak tahu jembatan merah di Surabaya. Mungkin dipopulerkan oleh Lagu Ismail Marzuki atau kisah heroik kota Pahlawan. Buat saya, kenal banget karena sekolah saya dekat Jalan Kembang Jepun. Kantor saya di Jalan Karet. Apalagi disana sekarang banyak makanan khas Surabaya. Jembatan Merah memiliki kisah tersendiri dan menjadi kenangan arek-arek Suroboyo.

Jembatan Barito
Tahun 1992 saya berjumpa dengan Bapak Ir. Radinal Mochtar. Saat itu beliau Menteri Pekerjaan umum. Saya kenal beliau karena direktur saya adalah Ipar menteri PU sebelumnya, Bapak Ir. Purnomosidi. Beliau mengatakan akan membangun jembatan terpanjang di Indonesia. Diskusi cukup panjang, dan setelah mendapat restu dari bapak presiden akhirnya disepakati membangun Jembatan Barito di Banjarmasin. Kontraktor ditunjuk PT Adhi Karya, dengan konsorsium beberapa perusahaan. Perusahaan saya bertugas mengangkut seluruh material mulai dari Sydney, Australia sampai di Banjarmasin. Kami mengankatnya lalu dirakit ulang menjadi jembatan. Jembatan terpanjang saat itu dengan double suspension cable sepanjang 1200 meter. Kalau malam indah sekali.

Jembatan Kutai Kartanegara
Oktober Jembatan Kukar roboh. Ibu Bupati Rita mengundang kami untuk diskusi masalah Demolition Pylon Jembatan KuKar yang roboh. Ada korban cukup banyak. Sisa tiang pylon sampai sekarang masih berdiri dengan ikatan kabel. Belum ditemukan solusi masalah ini sampai saat ini.
Jembatan begitu penting bagi transportasi. Ia adalah bagian dari pembangunan suatu daerah. Kita bisa bayangkan kalau tidak ada jembatan. Di Jakarta kita kenal banyak jembatan, bukan untuk menyebrangi sungai, tapi untuk jalan tol. Membangun kehidupan juga demikian. Kita mutlak memerlukan JEMBATAN untuk membuat keselarasan, terutama membangun CINTA diantara sesama dan diri kita sendiri. Jembatan yang diperlukan pertama untuk ikatan persahabatan adalah MENGERTI (understanding). Ini salah satu jembatan persahabatan yang mengatakan : “Mengenal-Mu adalah takdir. Jadi teman-Mu adalah pilihan. Mencintai-Mu adalah jembatan menuju keselamatanku”.
Berbicara tentang jembatan saya ahlinya, karena 25 tahun bergelut di pembangunan. Saya tak mengerti membangun Jembatan Hati, Jembatan CINTA, Jembatan Kasih, dan Jembatan Sahabat. Saya butuh bantuan pastor, bruder, suster dan para arsitek CINTA, tetapi saya percaya bahwa semakin banyak Jembantan Cinta kita bangun dalam hati kita, maka keselamatan sudah bisa dijangkau dan SORGA menanti.

20 responses to this post.

  1. Membangun jembatan diantara kita seperti membangun hubungan dengan orang lain, jembatan tersebut akan menghubungkan kita dengan keterbukaan hati orang lain. Oleh karena itu agar kita memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, hendaknya kita membangun jembatan cinta kasih yang kokoh. Dengan demikian kita dapat mengenal satu sama lain secara mendalam dan mengutamakan kebersamaan, begitupun jembatan yang kita bangun untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

    Reply

  2. jembatan merupaka sarana yang dibangun untuk memudahkan transportasi yanpa harus memutar terlebih dahulu. dalam membangun jembata dengan sesama manusia, kita membangun jembatan melalui kepercayaan dahulu, lalu kita harus merawatnya agar jembatan yang kita bangun dengan orang lain tidak roboh atau kehilangan kepercayaan.

    Reply

  3. untuk membangun sebuah jalan yang panjang atau jembatan di antara kehidupan diperlukan keteguhan hati agar jembatan penghubung untuk menuju pencapaian suatu tujuan dalam hidup tetap berdiri kokoh. seperti jika kita ingin meraih cita cita untuk menuju kesuksesan banyak jembatan yang harus kita lalui, namun tidak mudah untuk melalui nya dibutuhkan kepercayaan kepada diri sendiri dan optimis untuk meraihnya.

    Reply

  4. jembatan merupakan satu struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api ataupun jalan raya. Ia dibangun untuk membolehkan laluan pejalan kaki, pemandu kendaraan atau kereta api di atas halangan itu
    jembatan pun memiliki banyak struktur yaitu :
    – jembatan batang kayu
    – jembatan lengkung
    – jembatan alang
    – jembatan kerangka
    – jembatan gerbang tertekan
    – jembatan gantung
    – jembatan kabel penahan
    – jembatan penyangga
    – jembatan angkat
    – jembatan bisa pindah
    – jembatan bambu

    Reply

  5. Posted by suryati c on December 12, 2012 at 1:20 pm

    jembatan adalah sebuah sarana untuk mempermudah perjalanan, dari suatu tempat ke tempat laen. dimana adanya perkembangan zaman maka perkembangan terhadap jembatan pun berkembang pesat,, di bangungnya segitu banyak jembatan. jembatan-jembatan tersebut mempermudah orang bertransportasi, jembatan tersebut sangat berguna bagi masyarakt , jadi kita harus menjaga jembatan-jembatan tersebut supaya bisa bertahan dengan lama, dan bisa di nikmati oleh penerusnya terus dan menerus. dan agar kita bersama bisa menjaga dan melestarikan sesuatu yang baik dan berguna bagi kita semua.

    Reply

  6. jembatan merupakan sarana media penghubung atara jalan yang terputus untuk delewati dengan jembatan ini kita menjadi lebih mudah jika kita ingin ke suatu tempat,
    sperti halnya dalam hidup ini kita harus membangun jembatan antar satu sama lain jembatan atar satu sama lain yaitu kita harus embangun hubungan kepada setiap orang supaya memudahkan kita jika kita membutuhkan pertolongan

    Reply

  7. jembatan merupakan suatu penghubung antar dess, kota wilayah dan lain-lain. jembatan sangat penting bagi kehidupan kita sebagai masyarakat seperti contoh jembatan suramdu yang menghubungkan surabaya dengan madura yang sangat membantu kegiatan masyarakat.

    Reply

  8. Saya suka kata Pembangunan akan maju jika ada jembatan yang dibuat. Jembatan adalah penghubung dari jarak yang satu dengan jarak yang lain, sama halnya jembatan menghubungkan kita pada kesuksesan

    Reply

  9. Posted by Eliriani on December 17, 2012 at 4:31 am

    Membangun sebuah jembatan haruslah mempunyai pondasi yang kuat . Supaya angin atau badai yang menerpang jembatan itu akan tetap berdiri kokoh. Demikian juga kehidupan kita jika kita ingin membuat jembatan untuk sarana penyebrangan kepada Tuhan maka iman kita harus kokoh . Meski cobaan datang terus menerus kita tetap kokoh dan kita tidak akan goyang meski badai menerpa hidup kita. Salah satu pondasi yang harus kita miliki yaitu mengetahui keingian Tuhan . Agar kita tau apa keinginan Tuhan yaitu banyak lah datang kepadaNya dengan cara berdoa dan banyak lah terbuka diri kepadaNya. Doa adalah salah satu jembatan untuk mengapai sorga. Jadi banyaklah berdoa dan bersyukur kepadanya.

    Reply

  10. jembatan diibaratkan hubungan kita dengan relasi. dalam membangun jembatan harus ada perhitungan tertentu agar jembatan tersebut memiliki pondasi yang kuat. begitu kita dalam menjalin hubungan dengan sesama kita harus memiliki keyakinan yang kuat terhadap orang tersebut.

    Reply

  11. Jembatan merupakan prasarana yang menghubungkan dari satu kota ke kota lainnya karena tidak ada penghubung jalan yang tidak dapat dilalui, makanya dibuat suatu jembatan agar sistem jalur di bidang perdagangan dapat berlanjut dan tidak terhambat.

    Reply

  12. Jembatan cinta dapat menjadi jalan untuk kemana pun seperti Jakarta yang mempunyai banyak Jembatan (Jalan). Kita dapat memilih Jembatan yang mana akan kita lewati itu pun harus kita hafal bila perlu lewati semua untuk menghafalnya

    Reply

  13. Posted by charakitti on December 18, 2012 at 1:32 pm

    jembatan didunia begitu banyak bahghai mana kita membuat jembatan kebaikan yang tidak terukur panjangnya

    Reply

  14. menurut saya jembatan kita dengan Tuhan hanyalah doa, ketika kita berdoa berarti kita membangun jembatan dengan Tuhan.

    Reply

  15. jembatan merupakan sarana yang dibangun untuk memudahkan transportasi tanpa harus memutar terlebih dahulu. dalam membangun jembatan dengan sesama manusia, kita membangun jembatan melalui kepercayaan dahulu, lalu kita harus merawatnya agar jembatan yang kita bangun dengan orang lain tidak roboh atau kehilangan kepercayaan. sehingga akan memunculkan rasa aman terhadap penggunanya.

    Reply

  16. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 4:29 pm

    Jembatan adalah suatu struktur kontruksi yang memungkinkan route transfortasi melaluisungai, danau, kali, jalan raya, jalan kereta api dan lain-lain. Jembatan adalah suatu struktur konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanyarintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai saluran irigasi dan pembuang .Jalan ini yang melintang yang tidak sebidang dan lain-lain.

    Reply

  17. Peran jembatan dalam kehidupan sungguh amat mulia, karena ia dapat menghubungkan kedua belah pihak yang sedang berpisah dengan harapan ingin saling bertemu atau berbicara. Jembatan harus dibangun dengan kokoh agar keinginan kedua belah pihak dapat terealisasi, contohnya dalam hal membangun hubungan erat dengan Tuhan, doalah yang menjadi jembatan kita agar dapat mengungkapkan harapan kita.

    Reply

  18. Posted by LeonardArden on June 21, 2013 at 4:39 pm

    Jembatan memang tidak terlihat begitu penting, tetapi jembatan sangat lah penting karena jembatan menghubungkan 2 tempat menjadi dapat berhubungan. sehingga kedua belah pihak dapat berkomunikasi .

    Reply

  19. Posted by rara anggita on March 24, 2014 at 4:55 pm

    Jembatan dalam kehidupan manusia sama artinya dengan jembatan fisik yg sebenarnya. Kt membuat jembatan persahabatan dengan teman kt, jembatan cinta dengan org yang kita sayang, dan masih banyak lagi. Untuk itu kt harus mulai dengan membuka hati kita dahulu untuk membuat jembatan tsb.

    Reply

  20. jembatan adalah suatu jalan menuju untuk lebih baik,karena kita bisa menyebrangi suatu rintangan dengan bantuan yang lebih baik

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: