Bangun Gereja

Mari membangun “gereja” kita mengikuti perkembangan jaman dalam Cinta Kasih dan Sumber Kebahagiaan.

Perjalanan pelayanan misi Katolik di Jakarta sudah melebihi 200 tahun, dari beberapa Gereja awal, kita sekarang sudah 60 Paroki dan puluhan stasi di Jakarta. Membangun gereja memang kita harus membangun 3 unsur :

1. Membangun fisik gedung gereja dan fasilitasnya.
2. Membangun Umat sebagai Gereja umat
3. Membangun Lingkungan (lingkungan hidup & kehidupan bermasyarakat)

Gereja di akar rumput, sebuah kisah awal Kristoforus perjalanannya dan kehidupan menggereja menjelang pesta emasnya. Saya rasa umat sangat menantikan terbitnya buku ini, mari kita doakan. Setelah duduk lebih 2 jam di sebuah Gereja tua di Depok, berbincang-bincang masalah gereja. Kami cerita mengapa sudah sekian lama gereja Katolik di bumi Indonesia, tapi kehidupan menggereja masih membutuhkan perhatian khusus. Perubahan jaman demikian cepat, kalau tidak mengantisipasinya maka kita akan ketinggalan, terutama pelayanan masyarakat.
Pelayanan Masyarakat merupakan bagian dari perutusan, kehidupan menggereja menuntut agar kita diutus, pertama-tama harus bisa melayani masyarakat, baik masyarakat Katolik maupun umat beragama lain. Sebagai sumber ajaran cinta kasih maka peran gereja sangat diharapkan. Mari membangun “gereja” kita mengikuti perkembangan jaman dalam Cinta Kasih dan Sumber Kebahagiaan. Jadi, kalau ada hal-hal yg mengecewakan, pertikaian, pertengkaran, perbedaan pendapat harus segera diselesaikan secara damai dan tanggung –jawab dalam bingkai persaudaraan.
Sekarang kita sedang membangun Kantor Gedung Pastoral sebagai bagian dari gereja kita, jadi mari kita doakan semoga pembangunan segera dapat diselesaikan terutama dalam damai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: