Liburan

Salam suka cita menyertai,
Sehabis menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, tentu seluruh umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Fitri atau biasa kita sebut Lebaran. Saat itu kita bermaaf-maafan dengan silaturahmi dan bercengkerama dengan keluarga dan handaitaulan.
Hari Raya Idul Fitri 2012-1433H berdekatan dengan hari Kemerdekaan RI ke-67 sehingga hari libur nasional semakin panjang. Kita bisa manfaatkaan cuti panjang untuk menikmati liburan.
Bagi umat Non-Muslim juga menikmati liburan panjang ini, apalagi bagi mereka yang punya uang. Pilihan jalan-jalan ke luar negeri seperti Asia, Eropa, Australia danAmerika.
Liburan dipandang dari mata hati dan kehidupan rohani, bisa memiliki arti yang sangat strategis, khususnya liburan Lebaran.

1. Retret
Seperti halnya puasa badan, maka liburaan memberikan rehat buat pikiran dan alam bawah sadar, tetapi yang terpenting adalah memanfaatkannya untuk refleksi mundur atau retret, misalnya mengunjungi orang tua, kampung halaman, makam orang tua, sahabat lama dan memberikan nostalgia indah. Bisa juga bersama istri mengunjungi tempat-tempat pacaran.

2. Ziarah
Liburan bisa kita manfaatkan untuk ziarah dan rekreasi atau ziarek sehingga memberikan syaraf-syaraf motorik kita menikmati istirahat dari kejenuhan. Bisa diisi juga dengan ziarah DOA ke gua-gua Maria, kunjungi gereja-gereja tua dan berdoa bersama.

3. Sinking Mode
Tentu banyak masalah yang sedang kita alami seperti masalah keluarga, bisnis, dan persahabatan. Sinking mode istilah lain menenggelamkan masalah, semua rasa marah, dendam, benci dan permusuhan. Semua itu coba untuk dilupakan, di off dulu atau di tenggelamkan, sehingga dengan kepala dingin kita bisa berpikiran jernih mencari solusi atau jalan keluar.

4. DOA
Buat keluarga, teman, dan sahabat yang tidak memiliki kesempatan jalan, karena alasan waktu maka DOA bersama merupakan kesempatan yang sangat indah. Mungkin Gereja bisa menfasilitasi adanya DOA malam. Lingkungan juga bisa membuat persekutuan DOA atau bisa juga mengadakan kunjungaan ke orang tua-tua, orang sakit di rumah sakit. Sungguh akan menghasilkan kedamaian dan suka cita dalam kehidupan.

Selamat menikmati liburan dan tentu tidak lupa kita saling mendoakan kiranya dalam liburan ini akan menerima berkat berlimpah.

8 responses to this post.

  1. Posted by patricia tangkumahat on December 15, 2012 at 1:50 pm

    kita semua pasti kalau mendengar kata LIburan psti kita semua langsung senang.
    menurut saya liburn adalah waktu di mana kita dapat berefreshing, wktu di mana kita dapat berkupul dengan keluarga.
    jadi isilah hari liburmu dengan hal-hal yang berguna

    Reply

  2. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 17, 2012 at 8:27 am

    Semua orang kalau sudah mendengar kata LIBURAN kita pasti senang sekali . Karna bisa bersenang-senang, jalan-jalan serta refreshing dengan keluarga atau teman🙂

    Reply

  3. liburan merupakan hal yang paling menyenangkan, dengan berlibur akan sedikit menghilangkan penat nya kesibukan sehari – hari dan merelaksasikan pikiran yang banyak memikirkan permasalahan..

    Reply

  4. Liburan itu selalu menjadi hal yang paling di tunggu-tunggu bagi siapa saja.Tapi terkadang tidak selamanya liburan itu indah. Tergantung bagaimana kita menyikapinya. Kebanyakan libur juga dapat membuat diri bosan, apalagi di liburan itu tidak melakukan kegiatan apa-apa. Segala hal itu memang tidak baik jika itu berlebihan. Termasuk liburan.

    Reply

  5. Posted by Melisa / 02PNM / 1601232166 on June 15, 2013 at 8:53 am

    Liburan, selalu menjadi hal yang dicintai semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Di hari libur semua orang dapat bersantai-santai melakukan hal yang dia sukai tanpa harus memikirkan urusan pekerjaan ataupun sekolah. Dalam masa liburan sebaiknya kita gunakan untuk melakukan hal-hal yang positif seperti berkunjung ke museum ataupun tempat-tempat yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita atau melakukan hal-hal yang berguna. Manfaatkanlah liburan yang dimiliki dengan sebaik mungkin dan jika saatnya liburan berakhir, kita bisa memulai aktivitas dengan semangat yang baru lagi.

    Reply

  6. liburan adalah waktu terbaik untuk merefreshingkan lagi pikiran kita. liburan untuk mempebaiki dan menguatkan nilai-nilai yang baik yang kita pegang yang dalam perjalanan waktu bisa pudar/melemah, jadi manfaatkan liburan sebaik-baiknya.

    Reply

  7. Posted by Raymond Bintang on June 17, 2013 at 3:02 pm

    liburan hal menyenangkan tetapi semuanya harus kita lakukan bagaikan liburan

    Reply

  8. Ada saat dimana seseorang jenuh dan lelah akan kegiatannya seperti sekolah, kuliah, bekerja dan lain lain. Disaat itulah liburan penting dalam merefresh(menjernihkan kembali) pikiran kita.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: