Blackberry Messenger

Mendekatkan yang jauh, tetapi menjauhkan yang dekat.

Pagi-pagi sekali aku bangun. Yang kulihat BBku. Di jalan macet aku pun sudah tidak peduli. Ada acara pestaBBku bunyi aku langsung baca tapi ada telepon masuk, ah biarkan nanti saja. Kalau keluar gereja, begitu selesai berkat langsung naca BB.
Pengalaman ini juga hampir dialami sebagian besar sahabat-sahabatku termasuk para pastor maupun suster atau frater. Juga beberapa uskup semua sibuk menggunakan BB. Saya masih ingat komentar Barrack Obama saat selesai dilantik jadi presiden USA. Dia katakan bahwa BBM sudah merupakan bagian dari hidupnya.
Luar biasa daya tarik BBM sehingga memporak-porandakan kehidupan, bahkan juga bisa merusak hubungan keluarga, sampai ada istilah untuk BBM : “Mendekatkan yang jauh, tetapi menjauhkan yang dekat”.
Hari ini saya memimpin rapat pagi siang sampe sore. Di sela-sela rapat semua peserta meletakkan BB di meja, bahkan praktis rapat agak terganggu. Tetapi saya tidak bisa menegur karena semua BBM manager dipersiapkan untuk Customer Satisfaction jadi sayalah yang harus mengalah. Padahal 5-6 tahun lalu setiap rapat maka alat komunikasi wajib dimatikan (bukab silent).
Pertanyaan sekarang apa pengaruh positif penggunaan BBM yang nota bene lebih banyak pengaruh negatifnya :
1. KOMUNIKASI
Walaupun peran SMS masih ada tetapi kecepatan BBM luar biasa, sesuai data dari PDS informasi BBM bisa mencapai 100 juta connection dalam waktu 1 jam ke seluruh dunia.
2. KEDEKATAN
Hubungan antara pemegang BB menjadi sangat dekat walau jarak jauh, seperti anak sekolah di luar negeri.
3. PSIKOLOGIS
Menulis lebih terarah dan jelas. Dan Lebih disukai dari bicara terutama saat-saat sibuk, rapat atau dalam gereja.
4. MOTIVASI
Ternyata komunikasi BBM memberikan motivasi besar sekali dibandingkan SMS atau telepon, terutama untuk kepentingan usaha.
5. MURAH MERIAH
Harga handset terjangkau, pulsa gratis bahkan pemakaian telepon gratis, terutama dengan koneksi WIFI.
6. LITURGIS
Sehari saya bisa terima DOA lebih dari 15 kali bahkan bisa mencapai 20 kali. Saling mendoakan. Saling mengharap dan puji-pujian dan kata GBU, JBU, JELOU, JLU, GAB, dan sebagainya yang hampir tidak terlupakan baik membuka maupun menutup pesan.
7. BROADCAST
Sekali kirim bisa diterima 5000 orang.

8. GROUP
Kelompok apa saja pasti punya group, di BBku ada 34 Group, mulai TK, SD, SMP, SMA, PS, dan Gereja. Indahnya berbagi foto, tulisan, film, lagu dan macam-macam.
9. PIN dan BARCODE
Mudah diacces, bisa pindah-pindah dan cepat
10. SIMBOL
Ternyata simbol-simbol ini luar biasa pengaruhnya.🙂

Saya sungguh bersyukur hidup di jaman BBM karena memiliki banyak teman, ditambah FB, twiter, GM, YM, Wapp, dan lain-lain. Tentunya membuat persahabatan semakin akrab. Mari kita gunakan BB kita terutama untuk memuji dan memuliakan Tuhan sebagai sumber suka cita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: