Hilang

Kalau ada yang hilang dan kehilangan tidak berarti hilang semuanya, yang tersisa adalah pengharapan sebagai kekuatan manusia terakhir. (X-Man).

dont_lose_your_hope_....jpg_480_480_0_64000_0_1_0Seharian saya cukup penat diisi oleh sibuknya pekerjaan kantor dan macam-macam masalah yang membuat saya merasa banyak kehilangan, baik pikiran, tenaga maupun materi. Saya sendiri juga kadang-kadang putus asa, karena begitu sulitnya menghadapi keadaan ini dan memotivasi setiap gerakan di sekitar pekerjaan. Di sela-sela kepenatan dan pulangnya dari kantor dengan jalan macet masih terpikir untuk menghilangkan stress berlebihan dengan mengajak kawan-kawan saya menonton film X-Man di kawasan EX.

Saya heran apakah ini kebetulan atau tidak, soalnya film ini memberikan saya suatu kekuatan. Di dalam buku yang pernah saya tulis dikatakan bahwa hari ini adalah hasil dari masa lalu, sedangkan masa depan adalah hasil dari usaha kita sekarang. Dalam film X-Man memang diungkapkan demikian, walaupun pemikiran saya sedikit berbeda, tetapi diskusi dalam hati saya sangat menarik untuk dibahas. Intisari dari cerita film X-Man adalah apabila suatu keputus-asaan sudah tidak bisa diatasinya, maka masa lalu harus dirubah. Sedangkan saya berpikir bahwa jika ingin masa depan tidak diisi dengan keputus-asaan maka kini saatnya kita harus berubah. Tetapi intinya sama bahwa kita harus berubah. Sikap mental dan spiritual harus siap untuk menghadapi tantangan masa depan, karena tidak ada jalan lain selain berani merubah diri keluar dari cengkraman egosentris yang menjadi kelemahan kita.

Diikuti dengan sebuah contoh bahwa selain manusia ada juga mutan. Mutan adalah sejenis makhluk seperti manusia tetapi memiliki kemampuan lebih dan daya tahan ekstra. Akhirnya mereka harus mengakui bahwa semua kekuatan itu sama sekali tiada artinya atau manfaatnya kalau tidak diikuti pengharapan dan tentu saja Cinta yang dimiliki manusia.

Menonton film X-Man dengan 3-D lebih asyik walaupun durasinya dua jam. Kita lebih dipaksa berpikir untuk membandingkannya dengan kehidupan kita. Sungguh menarik karena biasanya film dibuat hanya satu arah, tetapi film ini mengajak kita masuk ke dalamnya. Apa lagi mengajak kita mundur 50 tahun lalu, diisi dengan suasana tahun 1973 termasuk pakaian, mode, mobil impala, gaya rambut disasak kaya singa, cut brai, lagu-lagu tahun 70-an dengan suasana kota-kota seperti Paris, Beijing, Vietnam dan suasana perang fisik sampai perang dingin. Pembunuhan JFK dan peran presiden Richard Nixon, yang walaupun diisi dengan fiksi untuk anak-anak tetapi kemasannya memang sangat menarik.

Kalau ada yang hilang dan kehilangan tidak berarti hilang semuanya, yang tersisa adalah pengharapan sebagai kekuatan manusia terakhir. Kembali kepada inti pembicaraan kita tentang hilang. Siapa yang tidak pernah merasa kehilangan, baik barang ataupun kepergian keluarga dan orang yang kita cintai. Beberapa hari lalu seorang sahabat dekat saya meninggal dunia secara mendadak. Terus terang saya sangat merasa kehilangan karena kedekatan saya dengan beliau. Di sana saya merasakan bahwa saat usia kita makin tua, setiap saat kita melihat dan menyaksikan sahabat-sahabat kita pergi dan bergantian sampai suatu saat giliran kita juga pergi. Tidak ada sesuatu yang dapat menghalanginya. Justru di sana kita teringat kisah anak yang hilang dari kehidupan keluarga. Kita sering hilang dan pertanyaan kapan kita pulang kepada sumber kebahagiaan kita, yaitu pengharapan dan cinta?

Saya sepakat sekali bahwa saat semuanya hilang, kalau tidak ada cinta, tidak ada sahabat, tidak ada komunikasi maka yang tidak hilang hanyalah pengharapan. Mari kita bisa berbuat sesuatu supaya setiap nilai dalam diri kita berubah menjadi pengharapan untuk masa depan kita tanpa harus mundur ke belakang meratap masa lalu atau menyalahkannya. Cintaku membawaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: