Hiburan

Keinginan seseorang adalah bagian dari hiburan, dimana jika terkabul akan menjadikan kebahagiaan tersendiri, semakin banyak keingingan hatinya maka sukacita semakin besar karena ada pengharapan (Adh)

hiburanSaya punya hobby makan dan tentu saja mau cari makan yang enak. Keinginan untuk makan bersama sahabat sungguh menjadi bagian dari suka cita saya, tetapi pada saat saya kurang sehat maka seluruh keinginan makan atau saya sebut nafsu makan hilang dan tentu saya sangat sedih. Dari seluruh makhluk hidup di bumi pasti membutuhkan hiburan. Ada suatu hari saya kedatangan seorang keluarga juga sahabat baik. Di depan rumah saya ada pohon mangga, yang sudah setahun lebih tidak berbuah, padahal sudah dikasih pupuk dan disiram air, tetapi ia tetap saja tidak berbuah. Lalu, kata sahabat saya bahwa pohon pun perlu disapa dan dihibur karena dia lagi sedih. Saya tertawa tetapi saya coba juga. Saya buatkan pot melingkar dan setiap pagi saya suruh siram dan lebih lucu lagi saya ajak bicara supaya dia berbuah. Ternyata benar juga dalam seminggu saja pohon mangga saya berbunga dan berbuah banyak juga manis lagi. Sekarang musim hujan terus menerus, bunganya juga banyak sekali tapi banyak yang rontok karena hujan dan angin. Mungkin pohon manggaku lagi sedih juga di musim banjir.
Suatu hari ada temanku, anjingnya sudah seminggu tidak mau makan. Aku juga punya teman lain dengan julukan BA (bakul asu) padahal nama akhirnya Budiman Asmadi, lucu sekali orangnya. Anjing sahabatku sudah seminggu bolak balik dokter dan tidak bisa terus saat ketemu sama temanku BA. Dia bilang anjing ini ingin kawin. Lalu, dia membelai anjing tersebut dan langsung anjingnya lahap sekali makannya dan keesokannya dicari pejantan supaya bisa kawin.
Jadi hiburan bukan hanya milik manusia saja, tetapi Tuhan ingin menghibur seluruh makhluk ciptaan-Nya, tetapi kita kurang menyadarinya. Kita lebih memilih hiburan duniawi dan hiburan tidak sehat daripada hiburan dari Tuhan yang penuh dengan suka cita besar. Sahabat baik adalah hiburan yang sangat indah. Doa adalah penghiburan abadi, karena kita berbicara langsung dengan Tuhan.
Mengunjungi orang sakit, menghadiri pemakaman, memberikan penghiburan yang berduka adalah pesan Tuhan yang disampaikan melalui kita.
Maria (nama samaran) adalah seorang janda muda yang menderita pendarahan. Sudah setahun lebih karena penyakitnya ini dia kehilangan segalanya. Harta benda sudah dijual semua, anak satu-satunya ikut orang tuanya, suaminya sudah menikah lagi dan tidak diketahui dimana rimbanya. Ia bekerja sebagai operator telepon di sebuah perusahaan swasta. Gajinya hanya cukup untuk makan, dan transport serta biaya kos. Sebagai seorang Katolik yang rajin dia tidak pernah absen dalam doa dan ke gereja, tetapi katanya, dia sudah kehilangan segalanya, yang paling berharga : cinta, suami, anak, kesehatan dan mungkin keinginan hidup. Satu-satunya alasan ia bertahan hidup hanya untuk membiayai anaknya, yang sekarang ikut ibunya.
Pengharapan akan masa depan cerah musnahlah sudah, karena memang sudah tidak ada yang diharapkan. Dalam perjalanan hidup yang menderita, Maria punya seorang sahabat wanita di SMA. Entah apa yang membuatnya tiba-tiba teringat, tetapi malu untuk telepon karena sahabatnya itu orang kaya raya. Cuma kerinduan dan keinginannya terus berada dalam hatinya. Ada beberapa kali reuni tapi dia tidak berani hadir karena kondisi yang melarat dan sakit-sakitan.
Suatu hari di kendaraan umum Maria melihat penumpang di sebelahnya seorang ibu. Ia kelihatannya sakit dan menderita. Maria bingung ingin dia membantu ibu ini ke rumah sakit tetapi dia sendiri tidak ada uang. Akhirnya dia mengajak turun dan ganti taxi dan mengantar ibu ini, dan berhentilah mereka di sebuah rumah mewah karena ibu ini adalah pembantu rumah tangga di sana. Dia membayar taxinya lalu Maria mengantarnya masuk. Sungguh luar biasa, ternyata pemilik rumah mewah adalah Astuti (nama samaran) sahabat karibnya di SMA. (Kisah pertemuan dua sahabat lama ini dibacakan saat aku reuni di Surabaya bagian dari acara dan semua sahabat yang hadir mengucurkan airmata karena Maria hadir dalam acara itu)
Tuhan menyediakan penghiburan menurut caranya sendiri dan sungguh luar biasa. Pertemuan adalah hiburan yang menyembuhkan dan tidak ada pertemuan yang kebetulan atau disengaja semua Tuhan yang mengaturnya.
Semoga kita semua bisa merasakan penghiburan yang diberikan Tuhan kepada kita termasuk kehangatan pagi hari ini. Tinggalkan semua kesedihan, galau, kekecewaan, kemarahan, dan kebencian, tetapi sambutlah hiburan yang diberikan Tuhan kepada kita terutama melalui sahabat kita, keluarga, anak istri, suami dan orang tua. Salam dan doa.

95 responses to this post.

  1. Posted by Feric on March 26, 2014 at 12:01 pm

    Sangat setuju sekali hiburan bukan milik manusia saja, semua yg memiliki pikiran dan hidup butuh penghiburan. Sperti tumbuhan, petani mengatakan tumbuhan tumbuh mendengar suara langkah, mreka tumbuh karna senang ada yg berada di dekat mereka

    Reply

  2. Saya sangat setuju dengan cerita diatas. Jika badan kurang sehat, pasti nafsu makan kita berkurang. Hal ini dikarenakan tubuh kita mempunyai organ yang saling berhubungan satu sama lain. Kemudian, mengenai tanaman, tanaman adalah makhluk ciptaan Tuhan. Walaupun tidak bergerak, akan tetapi tanaman bisa merasakan sesuatu. Contohnya adalah jika kita tetap merawat dan rajin menyiramna maka tanaman tersebut akan berbuah dengan baik. Jika kita ajak ngomong dengan halus atau tidak memaki-makinya maka tanaman tersebut akan berbuah dengan sempurna,sesuai apa yang kita harapkan. Kareena itu, kita harus menyayangi tanaman kita sendiri dan tetap merawatnya, agar berbuah dengan baik. Kemudian, mengenai anjing. Anjing adalah ciptaan Tuhan. Sebagai makhluk ciptaannya, sudah seharusnya kita menyayangi binatang ciptaannya juga. Kaerena itu, jagalah baik-baik peliharaan kita, sayangi, ajak main dan beri makan kepada-Nya. Jangan dicuekin dan janhan hanya dijadikan penjaga rumah.

    Reply

    • Saya sangat setuju dengan cerita diatas. Jika badan kurang sehat, pasti nafsu makan kita berkurang. Hal ini dikarenakan tubuh kita mempunyai organ yang saling berhubungan satu sama lain. Kemudian, mengenai tanaman, tanaman adalah makhluk ciptaan Tuhan. Walaupun tidak bergerak, akan tetapi tanaman bisa merasakan sesuatu. Contohnya adalah jika kita tetap merawat dan rajin menyiramna maka tanaman tersebut akan berbuah dengan baik. Jika kita ajak ngomong dengan halus atau tidak memaki-makinya maka tanaman tersebut akan berbuah dengan sempurna,sesuai apa yang kita harapkan. Kareena itu, kita harus menyayangi tanaman kita sendiri dan tetap merawatnya, agar berbuah dengan baik. Kemudian, mengenai anjing. Anjing adalah ciptaan Tuhan. Sebagai makhluk ciptaannya, sudah seharusnya kita menyayangi binatang ciptaannya juga. Kaerena itu, jagalah baik-baik peliharaan kita, sayangi, ajak main dan beri makan kepada-Nya. Jangan dicuekin dan janhan hanya dijadikan penjaga rumah.

      Reply

  3. Setuju sekali dengan pernyataan Anda. Terkadang sebagai manusia kita hanya buta dengan hiburan yang di depan mata, yang fana dan fisik namun kita selalu lupa dengan yang namanya penghiburan batin. Setiap manusia lebih membutuhkan penghiburan batin daripada fisik meskipun banyak diantara kita yang tidak menyadarin pentingnya batin dibanding fisik. Kesenangan fisik hanyalah kesenangan sesaat sedangkan kesenangan batin adalah kesenangan yang diberikan oleh Tuhan. Semoga dengan tulisan ini semakin banyak orang yang sadar dan terinspirasi dan tidak hanya mementingkan penghiburan fisik semata. Salam sukses

    Reply

  4. Posted by Aldibaraniz on March 26, 2014 at 12:26 pm

    Kalau menurut saya, penghiburan sudah diberikan kepada kita dalam kehidupan sehari – hari, namun terkadang kita terlalu terfokus pada kesedihan yang kita rasakan sehingga seringkali kita sendiri yang tidak menyadari penghiburan tersebut. Kalau dari perkataan yang sering saya dengar, “Just look at the bright side” atau mungkin seperti “Stay positive”, mungkin terdengar rada cliche, namun (dari pengalaman pribadi saya) hal inilah yang banyak membawa penghiburan atau mengurangi rasa sakit yang kita alami. Jangan memperhatikan hal buruknya, fokus saja pada apa yang membuat anda bahagia, maka anda sendiri juga akan terhibur. Dan tentu saja, jika kita sulit menemukan penghiburan, selalu ada Tuhan diatas yang setia membantu kita dalam kesusahan🙂

    Reply

  5. Posted by Twinna on March 26, 2014 at 12:36 pm

    Saya setuju dengan kalimat ‘hiburan bukan hanya milik manusia saja, tetapi Tuhan ingin menghibur seluruh makhluk ciptaan-Nya, tetapi kita kurang menyadarinya.’ benar bahwa seluruh makhluk hidup membutuhkan hiburan karena saya pernah menghadapi hal ini, terhadap binatang peliharaan maupun tumbuhan. Jadi, saat ini saya punya kucing peliharaan yang tidak pernah saya ajak main dan menyentuh nya saja tidak. Suatu saat, teman saya ke rumah dan memperhatikan kucing saya. Ia memberi tahu bahwa kucing saya itu sedih tinggal di rumah saya, mungkin gada yang menghiburnya. mendengar hal itu, saya jadi ikutan sedih karena saya tidak mampu merawat seekor kucing. Keesokan harinya, saya langsung membuat mainan dari bola diikat dengan tali rafia, lalu saya sodorkan ke kucing saya. Tidak tahu nya, kucing saya langsung lompat kegirangan dan gak jutek lagi kalo saya lewat. dia malah manggil – manggil saya. Terima kasih artikel nya!

    Reply

  6. Posted by fide on March 26, 2014 at 12:37 pm

    Saya suka sekali dengan artikel ini, sangat membangun dan memotivasi hidup untuk belajar lebih peduli sesama kita makhluk hidup.

    Reply

  7. Posted by 04PKF_Dwi Indah Mentari on March 26, 2014 at 12:38 pm

    Hiburan memang bisa datang dari mana saja, baik melalui keluarga, sahabat dan teman. Tetapi menurut saya hiburan yang paling baik adalah yang datang dari Tuhan karena dapat mendatangkan ketenangan secara lahir dan batin. Sebagai contoh, jika kita sedang dalam kesulitan atau sedang menghadapi masalah lalu kita ‘curhat’ kepada Tuhan, kita tidak hanya terhibur karena telah menceritakan segala kesulitan dan masalah tetapi kita mendapatkan ketenangan hati lalu Tuhan akan memberikan jalan keluar yang terbaik atas masalah yang kita hadapi.

    Reply

  8. Hiburan bukan hanya berarti hiburan di club malam, menonton konser, dan sejenisnya.
    tapi lebih kepada sering berbicara, bahkan binatang dan tumbuhan pun perlu belaian dan bercanda.
    Maria juga akhirnya mendapatkan penghiburannya dengan bertemu sahabat lamanya melalui berbaik hati mengantar ibu tua ke tempat tujuannya.
    Tuhan memberikan jalan-Nya sendiri, membuat kita melakukan sesuatu yang tidak terduga untuk mendapatkan sesuatu yang dapat menghibur kita.

    Reply

  9. Posted by 04PKF_Hendro.Taufik on March 26, 2014 at 1:27 pm

    hiburan memang menjadi bagian penting dari hidup ini. Apalagi bila kita bisa membaginya dengan orang banyak. Benar apa yang dikatakan artikel diatas “Tinggalkan semua kesedihan, galau, kekecewaan, kemarahan, dan kebencian, tetapi sambutlah hiburan yang diberikan Tuhan kepada kita terutama melalui sahabat kita, keluarga, anak istri, suami dan orang tua. Salam dan doa”. Yang terpenting adalah bersyukur karena itu adalah hiburan yang paling mendasar

    Reply

  10. Posted by Regi Saputra 1601233004 on March 26, 2014 at 1:29 pm

    Hiburan, benar setiap mahluk di bumi butuh hiburan, tetapi sering sekali banyak yang salah mengartikan hiburan tersebut, kebanyakan sekarang hiburan menjerumus kepada yang tidak baik dan merusak tubuh kita. karena itu pahamilah arti hiburan yang baik itu bagaimana.

    Reply

  11. Posted by Michael on March 26, 2014 at 1:35 pm

    Satu-satunya penghiburan dan pertolongan yang tak pernah berhenti adalah dari Tuhan, sebagai manusia yang tidak sempurna dan tidak selamanya bahagia dalam hidup, penting agar kita tetap meluangkan waktu untuk berbagi kesedihan dan kesenangan kita kepada orang di sekitar kita

    Reply

  12. Artikel ini antara lucu dengan serius, terutama pada saat berbicara dengan pohon. seumur umur saya belum pernah melakukan hal tersebut, dan saya kira hal tersebut tidak akan memiliki pengaruh. tapi memang benar, kita harus memiliki hiburan. jangan sampai kita tenggelam dalam aktivitas dunia sehingga kita lupa kalau kita butuh hiburan . mungkin untuk masalah pohon dan anjing itu bukanlah hiburan,bagi saya bisa di bilang sebagai perhatian dari manusia, karena semua makhluk hidup membutuhkan perhatian.

    Reply

  13. Posted by Justinus Raymond on March 26, 2014 at 2:49 pm

    memang kita terkadang terlalu sibuk dengan diri sendiri sehingga lupa dengan keadaan di sekitar kita. kita terlalu terpaku dengan masalah yang kita hadapi sehingga kita lupa dengan masalah yang juga dihadapi orang lain, padahal mungkin masalah kita itu tidak seberapa dengan masalah yang dihadapi orang tersebut. baiknya kita berhenti sejenak dan melihat situasi disekitar kita, dan melihat masalah-masalah tersebut dalam suatu sudut pandang yang baru sehingga hidup kita lebih berwarna serta damai.

    Reply

  14. artikel ini memberikan saya ilmu tentang interaksi,bahwa semua mahluk ciptaan tuhan memerlukan hiburan

    Reply

  15. Posted by cindy buquenfil on March 26, 2014 at 3:32 pm

    Menurut pendapat saya setiap makhluk hidup memerlukan penghiburan untuk memberikan semangat bagi diri nya sendiri. Selain itu hiburan juga memberikan kita inspirasi serta kebahagiaan. Hiburan yang kita dapatkan tidak harus mengeluarkan biaya. Kita dapat bercerita dengan orang tua atau sahabat untuk memeperoleh hiburan serta pencerahan.

    Reply

  16. Posted by Dita Ariska on March 26, 2014 at 3:34 pm

    saya suka dengan artikel ini, namun saya kurang setuju jika hanya keinginan saja yang dikaitkan dengan sebuah hiburan. hiburan sendiri mempunyai arti yg luas, bisa dalam bentuk kata-kata, tempat, benda maupun perilaku. pada umumnya hiburan dapat berupa musik, film, ataupun berupa permainan bahkan olahraga. berwisata juga dapat dikatakan sebagai upaya hiburan, selain itu mengisi kegiatan di waktu senggang seperti membuat kerajinan, keterampilan, membaca juga dapat dikatagorikan sebagai hiburan. jadi hiburan tidak hanya dari keinginan seseorang saja.

    Reply

  17. Posted by a_b on March 26, 2014 at 3:50 pm

    memang terkadang hiburan itu sulit didapat. tidak jarang hasilnya banyak orang yang mencari hiburan tidak jelas di tempat yang tidak jelas juga. tapi apapun bentuknya, hiburan tetaplah hiburan, dan manusia membutuhkannya sadar maupun tidak sadar.

    Reply

  18. Posted by Lisa Catharina Purnomo on March 26, 2014 at 4:14 pm

    Saya setuju dengan pernyataan segala macam ciptaan Tuhan butuh hiburan.Tanaman, binatang,seluruhnya dapat diajak bicara. Kita sebagai manusia harus dapat menghibur sesama dan lingkungan kita.

    Lisa Catharina Purnomo
    1601248095 / 04 PIM

    Reply

  19. Posted by Gloria Asmara on March 26, 2014 at 4:25 pm

    Sangat menginspirasi dan bisa menjadi contoh hidup yang baik. Have a nice day!

    Reply

  20. Posted by m. ridwan on March 26, 2014 at 4:32 pm

    hiburan memang sangat penting bagi seseorang, dimana jika terkabul akan menjadikan kebahagiaan tersendiri bagi seseorang tersebut

    Reply

  21. Posted by akmal on March 26, 2014 at 4:49 pm

    Memang, akan ada kejutan dan berbagai cara Tuhan menjawab doa-doa kita.. tanpa kita sadari setiap kejadian yang kita alami mengandung hikmah yang bertimbal balik positif pada kita asaaaalll kita mampu sabar dengan terus berikhtiar kemudian bertawakkal (berserah diri) pada Yang Maha Kuasa.

    Reply

  22. Posted by Jufery on March 26, 2014 at 5:57 pm

    HIburan yang dimaksud dalam artikel ini adalah lebih ke hiburan rohani atau batiniah, tadinya saya berpikir ini tentang melawan hiburan duniawi. Menurut saya pertemuan Maria dengan teman nya yang mungkin berujung mendapatkan pertolongan biaya dari teman nya tersebut adalah buah dari hasil kerja keras dan doa nya, dan Tuhan melihat itu.

    Reply

  23. Posted by kent on March 27, 2014 at 8:13 am

    Hiburan bisa datang dari mana saja, kapan pun dan bagaimanapun caranya.
    dan setiap makhluk hidup di dunia ini membutuhkan rasa hiburan.

    Reply

  24. Posted by Nico Pratama on March 27, 2014 at 11:23 am

    Artikel ini sungguh membuka pikiran saya. Hiburan tidak hanya dari duniawi saja, seperti jalan-jalan, belanja, nongkrong sama temen-temen. Karena hiburan yang diciptakan oleh Tuhan adalah hiburan yang sesungguhnya, yang benar-benar membuat kita merasa sangat terhibur.

    Reply

  25. Posted by Reza Satria R on March 27, 2014 at 12:40 pm

    Selamat Malam..

    Memang benar , sebagai makhluk sosial manusia memiliki berbagai macam rasa tentang berbagai macam situasi dan kondisi yang mereka jalani. Pada proses menjalaninya , manusia cenderung akan bertindak tidak acuh terhadap resiko yang akan diambil baik secara fisik maupun psikologi. Dampak secara fisik , mungkin dapat diatasi dengan mudah , artinya dapat diminimalisir melalui olahraga , tetapi psikologi ?

    Nahh.. menurut saya , untuk menjaga keseimbangan kehidupan , kita perlu mengelola hal tersebut , terutama kondisi psikologi kita agar semua tindakan yang kita lakukan dapat bernilai (+) bagi kehidupan dan orang banyak. Refreshing secara psikologi dapat dilakukan dengan siraman rohani (mendekatkan diri pada tuhan) atau menghabiskan banyak waktu dengan orang yang kita sayangi.. ^^

    Terima kasih

    Reply

  26. Posted by frelina on March 27, 2014 at 12:51 pm

    Menurut saya, dalam artikel ini, kebahagiaan itu dapat dirasakan secara ber beda beda.. tetapi sesuai kita bagaimana cara menanggapinya. Kebahagiaan yg datang dari perbuatan baik kita sendiri bila dilihat dari sisi agama. Dan juga kebahagiaan bisa dinikmati semua orang jika dapat mengendalikan rasa puasnya.

    Reply

  27. Posted by Oktavianus Kurniawan on March 27, 2014 at 1:08 pm

    Berbuat baik kepada orang lain adalah hal yang seharusnya kita lakukan. Menolong orang lain yang membutuhkan walau kita sendiri memiliki masalah sungguh perbuatan yang sangat terpuji. Semua kejadian yang terjadi dalam hidup kita tentu sudah di atur oleh Tuhan, tinggal bagaimana kita menjalaninya dengan sebaik-baiknya. Melakukan semua firman Tuhan dan memberitakan suka cita kepada semua orang maka penghiburan akan kita dapatkan.

    Reply

  28. Posted by amelia chatrin on March 27, 2014 at 1:10 pm

    Menurut saya kebahagiaan ditimbulkan dari diri sendiri,hiburan bisa berasal dari alam sekitar,hewan,tumbuh-tumbuhan dan kita sebagia manusia sendiri,hanya kita sendiri yang bisa dan menciptakan kebahagiaan itu sendiri,apabila kita sudah bisa membahagiakan diri kita sendiri sudah pasti kita bisa membahagiakan lingkungan sekitar kita,membuat orang lain bahagia itu sangat mudah misalnya dengan memberikan senyuman sebagai sapaan saat bertemu dijalan atau dimana saja,atau memberikan bantuan saat orang lain sedang dilanda susah,perbuatan ibu maria adalah perbuatan yang sangat mulia dan itu adalah sebagian kecil yang menurut kita membuat orang lain atau ibu yang ia ketemu dijalan bahagia,namun bagi ibu yang dibantunya itu merasa sangat bahagia,seperti tumbuhan juga yang disapa akhirnya ia berbuah dan menghasilkan buah-buah yang manis,. nah apabila kita berbahagia maka kita akan semakin berharap dan bersyukur kepada TUHAN atas segala yang kita inginkan ini terkabul,untuk bahagia kita juga perlu mendekatkan diri kepada Tuhan😉

    Reply

  29. Posted by Desire on March 27, 2014 at 1:10 pm

    Sebuah cerita yang membuka pandangan orang tentang arti lain dari kata “hiburan”. Seringkali kita membutuhkan hiburan untuk kesenangan diri sendiri dan penghiburan itu dapat berasal darimana saja. Yang paling penting kita terima dari hiburan-hiburan yang lain tentu saja adalah hiburan dari Tuhan. Ini juga mengingatkan manusia betapa pentingnya berdoa dan berbuat baik.

    Reply

  30. Posted by Adrian Prasetya on March 27, 2014 at 1:55 pm

    Saya sangat setuju dengan “Tuhan menyediakan penghiburan menurut caranya sendiri”, karena saya juga sudah merasakannya. Memang kita dalam hidup pasti banyak keinginan, tetapi belum tentu itu yang kita butuhkan. Dan Tuhan sudah memberikan porsi yang pas dan baik untuk kita.

    Reply

  31. Posted by randy fajra (04PJT) on March 27, 2014 at 2:18 pm

    benar sekali, hiburan bukan cuma manusia saja yang butuh, melainkan hiburan dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. hiburan sangat dibutuhkan untuk merubah suasana yang sedih, berduka, stres, murung, dan sebagainya. contohnya saja orang yang sudah bekerja seharian dan di tambah lembur, pasti orang tersebut akan membutuhkan hiburan untuk menghilangkan semua beban pekerjaan yang telah dikerjakannya..

    Reply

  32. Amin, Semoga penghiburan selalu menyertai kita semua. Dan semoga penghiburan yang indah selalu hadir bagi mereka yang sedia berbahagia dan membuat orang sekelilingnya ikut bahagia. Menurut saya senyum pun merupakan salah satu cara penghiburan. Orang yang biasanya cemberut dan terlihat jarang tersenyum, apabila kita sapa dengan senyuman, hati siapa yang tidak merasa terhibur? Karena dengan senyum kita berkomunikasi satu sama lain. Tidak memandang apa kita kenal atau tidak, satu bahasa atau tidak. Itulah karunia Tuhan. So Let’s start to smile everyday.

    kita semua bisa merasakan penghiburan yang diberikan Tuhan kepada kita termasuk kehangatan pagi hari ini. Tinggalkan semua kesedihan, galau, kekecewaan, kemarahan, dan kebencian, tetapi sambutlah hiburan yang diberikan Tuhan kepada kita terutama melalui sahabat kita, keluarga, anak istri, suami dan orang tua. Salam dan doa.

    Reply

  33. Tulisan bapak, membuka pengetahuan saya bahwa hiburan dibutuhkan tidak hanya bagi manusia tetapi semua makhluk di dunia ini. Dan kita berperan penting dalam lingkungan kita untuk memberi penghiburan bagi yang membutuhkan, walaupun dengan cara yang sederhana.

    Reply

  34. Posted by Ega Alvio on March 27, 2014 at 2:40 pm

    Hiburan tidak selalu bersifat duniawi dan secara langsung kita lakukan ketika kita sedang sedih atau bosan. Hal-hal kecil yang kita hadapi dalam pekerjaan dan tugas dapat menjadi hiburan agar kita tidak bosan dengan hiburan lain yang biasanya kita lakukan tadi. Sekian🙂

    Reply

  35. kesenangan itu bukan cuma buat manusia, tapi buat seluruh makhluk hidup

    Reply

  36. Posted by Wilson on March 27, 2014 at 3:03 pm

    Saya setuju dengan pendapat diatas dimana semua makhluk hidup membutuhkan hiburan, termasuk manusia. Pada zaman sekarang ini banyak sekali orang tua yang memaksakan anaknya untuk mendapat nilai bagus sehinga memberi anak tersebut les atau bimbel di sana-sini. Waktu anak tersebut menjadi padat dan kurang waktu untuk hiburan, sehingga mengakibatkan anak tersebut malah menjadi stress.

    Reply

  37. Posted by Abraham on March 27, 2014 at 3:12 pm

    Ternyata memang benar kalau manusia membutuhkan hiburan,seperti contohnya sudah ada pada artikel itu.Memang terkadang ketika kita merasa sedang terpuruk kita tidak boleh menyerah karna disana ada pengharapan yang Tuhan sediakan untuk kita.Kita harus megingat bahwa disekitar kita masih banyak orang yang keadaannya jauh di bawah kita.

    Reply

  38. Posted by kent on March 27, 2014 at 3:50 pm

    Hiburan bisa datang dari mana saja,
    kapan pun dan bagaimanapun caranya.
    dan setiap makhluk hidup di dunia ini membutuhkan rasa hiburan. Dan rasa hiburan itu tidak bisa di hilangkan. Karena manusia akan bosan.

    Reply

  39. Posted by Azika Syahputra Azwar on March 27, 2014 at 4:16 pm

    dengan membaca artikel “hiburan” ini saya mendapat nilai bahwa tuhan itu telah menyediakan penghiburan bagi setiap mahluknya baik manusia,tumbuhan,maupun hewan. Penghiburan ini akan kita dapatkan setelah kita bersabar menghadapi cobaan yang diberikan oleh tuhan yang maha kuasa. Oleh karena itu disini dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam setiap derita/cobaan tuhan yang maha kuasa pasti telah menyiapkan buah manis penghiburan bagi kita setelahnya.

    Reply

  40. Posted by Dannise on March 27, 2014 at 4:25 pm

    Saya sangat tersentuh sekali dengan cerita Maria ini, saya mengambil kesimpulan bahwa setiap orang memiliki suatu kebahagian yang di berikan oleh Tuhan, seperti kebahagian memilki seseorang yang dikasihi, umur yang panjang, kesehatan dan lainnya, akan tetapi kebahagian tersebut mungkin tidak dirasakan oleh sebagian orang, tetapi percayalah bahwa Tuhan memiliki jalannya sendiri untuk setiap orang. Kita harus percaya bahwa Tuhan tidak akan membiarkan kita sebagai umat – Nya berkecamuk dalam penderitaan. Oleh sebab itu yang perlu kita lakukan adalah terus berdoa, percaya, dan melakukan hal-hal yang baik serta berusaha akan muzizat yang diberikan oleh Tuhan.

    Reply

  41. Posted by rafli maulana on March 27, 2014 at 4:28 pm

    Kesehatan fisik sangat berpengaruh terhadap nafsu makan seseorang. Hiburan bukan hanya milik manusia saja namun untuk semua makhluk cipataan Tuhan. Anak adalah alasan terbesar seorang ibu untuk tetep bertahan dan kuat.

    Reply

  42. Posted by Sebastian Limminata on March 27, 2014 at 4:54 pm

    menurut saya, hiburan memang hal yang penting bagi kehidupan sekarang ini. banyak manusia yang harus memenuhi kewajiban mereka terlebih dahulu dibanding mendapat hiburan. hiburan bermanfaat untuk membantu kita meringankan stres yang muncul dari kewajiban kita.

    Reply

  43. Posted by Paulus on March 28, 2014 at 7:12 am

    Hiburan ? bagi saya sendiri merupakan suatu keinginan yang terpenuhi.Hiburan bisa saja membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalani kehidupan ini namun ada kalanya keinginan seseorang yang terlalu berlebihan dapat membuat hidup nya menjadi terpuruk

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: