Berlibur

Berlibur memberikan suatu kesempatan istirahat bagi batin kita di saat seluruh jiwa raga kita sedang berjuang memberikan kekuatan lahir batin (Adh).

1175355_10151670167377998_769448875_nMengambil cuti untuk menikmati liburan bersama keluarga merupakan suatu kesempatan istirahat bagi batin kita di saat seluruh jiwa raga kita sedang berjuang memberikan kekuatan lahir batin. Sejak hari rabu saya mengambil kesempatan cuti karena kebetulan ada sebuah konvensi pertemuan para anggota Lions dari beberapa negara yang bergabung dalam ANZI Forum (Australia New Zealand Indonesia PNG). Cukup banyak pesertanya sekitar 450 orang yang memadati kota Denpasar, Bali. Pada kesempatan ini ada event Miss World dan pertemuan seluruh CEO di dunia. Kota Denpasar penuh sesak dan ramai sekali. Bagi ANZI Forum dibuka dengan pertandingan Golf di Nirwana Golf and Country Club, Tanah Lot, Tabanan Bali. Suatu pemandangan yang luar biasa indah dimana kita bisa memukul bola melintasi teluk dengan ombak menderu dan latar belakang Pura Tanah Lot. Memang layak dan pantas disebut Pulau Dewata karena kami semua serasa berada benar-benar di Nirwana.

Agenda liburan dilanjutkan dengan bermain dengan cucu-cucu dan beberapa kesempatan bergabung menyaksikan para kontestan Miss World yang memang layak masuk dalam pemilihan karena sangat cantik seperti dewi-dewi di kahayangan. Liburan di pulau Bali memang sangat mengasyikan. Kita hampir benar-benar melupakan kepenatan rutinitas dalam pekerjaan sehari-hari. Keramah-tamahan penduduknya memberikan kesan khusus. Hadirnya makanan-makanan khas Bali juga menjadi bagian dari wisata kuliner. Memang liburan atau liburan dengan keluarga adalah bagian dari kehidupan rohani, karena sebenarnya liburan tidak harus menikmati pemandangan di suatu tempat seperti Bali, karena banyak sekali tempat-tempat di dekat kita yang indah-indah, terutama banyak tempat di hati kita yang perlu kita saksikan keindahannya.

Pariwisata indah di hati kita yang paling utama adalah menikmati betapa besar dan indah ciptaan Tuhan termasuk diri kita yang menjadi bagian dari penciptaan Tuhan. Seorang sahabat saya sedang menderita kanker stadium 4 dan di rawat di rumah kediamannya beberapa tahun lalu. Saat itu ada beberapa orang membantu merawatnya dan setiap hari harus dibantu dengan oksigen. Penderitaan ini sudah dideritanya cukup lama dan hampir semua keluarganya sudah putus asa. Tiada lagi usaha-usaha melalui medis, hanya melalui alternatif saja, dengan badan yang cukup kurus, sebut saja namanya Mira. Mira tidak seperti orang biasa. Dia sangat tabah menghadapi keadaannya padahal cukup menderita, namun setiap sahabat yang datang mengunjunginya malah dihibur dengan tawa dan canda serta cerita-cerita yang menarik bahkan sering diisi dengan senyuman di bibirnya.

Beberapak kali Mira menyampaikan bahwa kehidupan itu yang paling baik adalah bisa menikmati karya Tuhan dan karya yang paling besar adalah CINTA. Saya tadinya bingung apa yang beliau maksudkan. Dalam kesempatan berdua beliau mengatakan bahwa karya Tuhan yang paling indah dalam dirinya adalah saat dia merasa sakit dan menderita sakit, karena dia betul-betul merasakan Cinta Tuhan melalui sahabat-sahabat, dokter, keluarga dan terutama dirinya sendiri. Kini, dia mengerti bahwa mengapa Kristus mau menderita sampai wafat di kayu salib. Itu tidak lain tidak bukan hanya ingin menikmati cinta sejati Tuhan bapa-Nya, tetapi mengapa banyak orang sakit lain demikian menderita. Jawabnya karena orang tersebut hanya merasakan cinta manusia dan mereka belum menikmati Wisata Rohani dalam penderitaan.

Saya tertegun dan sungguh tersentuh. Bagaimana mungkin saya yang sehat saja masih sering menderita sedangkan Mira yang sakit malah merasa sangat bahagia dengan penderitaan. Di sini saya merasa bahwa tingkat egoisme dan egosentris saya demikian tinggi membuat saya lebih mengedepankan kepentingan manusiawi daripada kepentingan surgawi. Setahun lalu Mira sudah pulang ke rumah bapa, tetapi kenangan dan pandangan beliau masih saya kenang, terutama pandangan beliau tentang wisata rohani melalui sakitnya. Saya sungguh bersyukur karena bisa menikmati wisata rohani sekaligus wisata jasmani apalagi bersama anak cucu yang sungguh-sungguh merupakan berkat yang luar biasa. Semoga Tuhan memberkati dalam kasih-Nya buat semua sahabat, khusus buat sahabat yang sedang sakit, kiranya melalui bilur-bilur Tuhan kita Yesus Kristus, semua sakit penyakit bisa diangkatnya. Salam dan doa.

29 responses to this post.

  1. Posted by Fitria Mayangsari_1701294045_01PA2 on December 5, 2013 at 7:03 am

    Berlibur merupakan suatu momentum yang sangat ditunggu tunggu bagi setiap orang.Tidak ada satupun yang tidak menyukai liburan.Tak perlu mahal tak perlu jauh berlibur bisa dimana saja.Karena berlibur bukan menghamburkan uang namun arti dari berlibur itu sendiri yaitu melepas lelah akan semua kepenatan yang kita alami

    Reply

  2. Berlibur bisa menjadi sebuah hal yang dapat menghibur kita ketika kita sedang penat atau mumet karena menjalani beberapa hal berturut turut, maka berliburlah ketika sedang stress agar dapat mengurangi stress

    Reply

  3. dengan berlibur membuat pikiran yang sebelumnya penat menjadi fresh kembali dan memberikan istirahat bagi badan.

    Reply

  4. memang liburan sangat dibutuhkan untuk sejenak mengistirahatkan kita dari rutinitas sehari-hari

    Reply

  5. Dengan memajakan jiwa dan raga kita yaitu dengan berlibur atau keluar dari kesibukan kita itu dapat membuat kita menikmati keagungan dari sang pencipa.

    Reply

  6. Rutinitas yang padat dapat membuat kita stres, tidak ada salahnya dalam hidup kita kita keluar dari rutinitas kita untuk keluar dan berlibur menikmati keindahan ciptaan Tuhan. Tuhan memang menciptakan segala sesuatu dengan indah dan penuh manfaat. Namun, hal itu sering tidak disadari sebagian manusia. Cerita tentang mira tadi seharusnya membuat kita tersentuh dan dalam menghadapi kehidupan untuk tidak suka mengeluh dan bersyukur terhadap apa yang terjadi. Hal tersebut juga mengingatkan kita akan dunia yang abadi setelah kita hidup di dunia ini.

    Reply

  7. Kita harus terus mengucap syukur akan segala hal yang kita miliki. Kita telah memiliki banyak fasilitas yang memadai, tapi kita tetap saja complain karena tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Padahal diluar sana, banyak orang miskin yang tidak dapat menikmati fasilitas tersebut.

    Reply

  8. Berlibur itu sangat penting untuk seorang manusia,karena berlibur itu agar pikiran kita tenang dan tidak stress karena kesibukan yang kita jalani sehari-hari. kita harus meluangkan waktu untuk libur baik bersama keluarga/teman kesuatu tempat yang dapat membuat kita senang dan bahagia dan melupakan sesaat kesibukan kita. Karena libur merupakan suatu kesempatan istirahat bagi batin kita.

    Reply

  9. berlibur memang salah satu hal yang patut dijalankan selain bisa menyegarkan pikiran kita juga bisa refreshing. Dari cerita artikel diatas betapa seharusnya kita bisa menjalani hidup dengan selalu bersyukur. Sebagaimana masih banyak orang yang kurang dari kita namun tak jarang dari ereka tetap tersenyum bahagia walaupun begitu banyak beban yang mereka hadapi.

    anggraini – 01pno – 1701342220

    Reply

  10. Posted by Kennardi Raharjo Nugroho (01PA2) on December 5, 2013 at 12:09 pm

    berlibur memang sangat kita butuhkan terutama untuk para orang-orang yang bekerja dengan keras. dengan berlibur maka kita dapat melepaskan stress akibat pekerjaan dan juga melepaskan rasa lelah.

    Reply

  11. Menurut saya saat relaks diperlukan setiap orang terutama berlibur.Pada saat berlibur kita dapat berkumpul bersama keluarga maupun teman yang dapat menambah keakraban antar sesama.

    01PA2-Ivan Hermawan

    Reply

  12. Posted by Thalia on December 5, 2013 at 2:38 pm

    saya kagum terhadapa Mira dimana dia masih dapat merasakan sisi positif, merasakan berkat dan anugrah Tuhan dimana keadaannya sangat tidak memungkinkan orang orang untuk bersyukur. malah memungkinkan kita untuk memaki atau mencela Tuhan. sungguh Mira adalah orang yang hebat. Liburan bersama keluarga memang memberikan penghiburan dan juga refreshing untuk otak agar otak kita dapat bekerja secara optimal kembali

    Reply

  13. Posted by 01PNO_Fulgensius on December 5, 2013 at 3:06 pm

    Saya setuju dengan artikel ini…. Terkadang orang yg sangat sibuk dengan pekerjaannya akan lupa bahwa sesungguhnya liburan adalah hal yang sangat positif baginya… Dengan berlibur, kondisi fisiknya akan prima kembali, pikiran dia akan lebih jernih, dan ide-ide baru bisa muncul, sehingga justru akan meningkatkan kemampuan kinerjanya…

    Reply

  14. Terkadang kita harus memendan rasa egois kita yang tinggi dimana mementingkan urusan kepentingan manusiawi dibandingkan surgawi. Hal itu memang benar karena ujung kehidupan kita berujung kematian dimana hal itu bukan sesuatu yang buruk melainkan itu wisata rohani yang harus dinantikan, mengapa? Kita akan bertemu Kristus yang sudah rela mengorbankan diri-Nya demi kita, mengapa kita harus merasa egois hanya untuk meminta umur panjang sementara kita tidak tahu kapan umur hidup di dunia berakhir. Maka dari itu kumpulkan kekayaan di surga bukan di bumi. Kekayaan disini adalah mencari tahu apa yang dikehendaki Bapa sebetulnya terhadap diri kita merupakan hal terindah dan merupakan wisata rohani yang menyenangkan walaupun rasanya seperti memikul salib yang belum seberapa tanggungannya yang telah dibawa oleh Kristus.

    Reply

  15. Saya setuju dengan artikel Berlibur ini. Berlibur sangat penting bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Tidak ada salahnya kita mengambil waktu sejenak berlibur agar kita tidak stress atau depresi. Karena percuma kalau kita sukses kalau kita tidak bisa merasakannya.

    Reply

  16. Posted by 01PNO-Andrien on December 5, 2013 at 3:49 pm

    kehidupan itu yang paling baik adalah bisa menikmati karya Tuhan dan karya yang paling besar adalah CINTA.

    Reply

  17. berlibur, yah kita perlu berlibur untuk menghilangkan penat dalam pikiran kita, dimana saat kita berlibur beban-beban pikiran kita akan terlepas satu persatu tanpa kita sadari.

    Reply

  18. Posted by Aristo Leonardo on December 5, 2013 at 4:36 pm

    Liburan memang bagus, tapi janga lupa tanggung jawab, kewajiban dan hak.

    Reply

  19. Posted by Septi Indah Christina on December 5, 2013 at 4:57 pm

    Berlibur merupakan kegiatan yang penting dan tidak boleh terlupakan karena dengan liburan kita dapat mengistirahatkan hati dan pikiran kita, sehingga kita dapat berpikir dan bekerja dengan lebih baik.
    Dan menurut saya cerita tentang Mira sangat menarik, karena mengajarkan pada kita bahwa kasih karunia Tuhan sungguh terlihat bukan di saat kita senang, melainkan di saat kita sedih dan menderita. Karena pada saat itulah kita dapat merasakan dengan sungguh-sungguh cinta kasih Tuhan melalui sesama kita

    Reply

  20. Posted by Daniel Dwidjayanto on January 16, 2014 at 8:38 am

    Terkadang kita memang membutuhkan liburan bagi diri kita. Liburan berguna agar kita bisa lepas dari rutinitas sehari – hari agar tidak bosan dan jenuh, Dan membuat pikiran dan hati kita menjadi rileks

    Reply

  21. Posted by Christine Myrafirmin on January 16, 2014 at 9:20 am

    kita perlu berlibur untuk sejenak melupakan rasa penat dan lelah yang terkadang muncul.Dengan berlibur kita bisa refreshing bahkan mungkin mencari referensi dan ide-ide baru dalam mengadapi permasalahan sehari-hari kita.

    Reply

  22. Posted by Sutikno Maysen on January 16, 2014 at 11:10 am

    Terkadang kita memang harus berlibur untuk menghilangkan rasa beban dan kita bisa me-refreshing otak atau organ lain kita maupun biasa dapat ide baru tentang proyeknya dari tempat tersebut.

    Reply

  23. Kita bisa cepat merasa senang, bisa pula merasa di titik jenuh. Berlibur merupakan kebutuhan setiap manusia. Tidak selamanya kita bisa melakukan tugas kita tanpa istirahat. Bagi saya, berlibur yang menyenangkan adalah memandang alam sambil mensyukuri keindahannya, misalnya gunung. Mata dan hati menjadi ‘refresh’, pikiran menjadi pulih kembali,

    Reply

  24. Posted by Olivia Rusli on January 16, 2014 at 4:40 pm

    Berlibur menurut saya cukup penting apalagi bagi mereka yang setiap hari berkutat dalam hirup pikuk di kota Jakarta tercinta ini. tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, begitu banyak keindahan alam di negeri Indonesia ini yang dapat dinikmati, sekaligus kita berkesempatan untuk mensyukuri karya ciptaan Tuhan yang sangat menyejukkan mata dan hati

    Reply

  25. Posted by 04PHO_assarina on March 22, 2014 at 4:57 pm

    Saya sangat setuju dengan artikel diatas, bahwa berlibur merupakan hal yang penting. Hidup merupakan sebuah perjalanan, dimana ada saat kita harus berlari atau berjalan untuk mengejar apa yang kita tuju, terkadang kita terjatuh, terkadang kita perlu untuk berhenti sejenak untuk bernapas dan bersiap untuk melanjutkan perjalanan panjang tersebut.

    Reply

  26. Posted by Johan Hanli on March 24, 2014 at 9:59 am

    saya setuju dengan artikel dii atas, karena ada kalanya kita mengambil cuti untuk berlibur ,untuk mengurangi rasa stress yang ada pada kerja dan memberikan,hubungan yang baik dengan keluarga , karna pada berlibur maka ad kesempatan untuk berkumpul dengan keluarga

    Reply

  27. Posted by sella wijaya on March 26, 2014 at 8:46 am

    berlibur sangat penting bagi semua orang..terutama bagi org tua yg sudah mempunyai anak,,,se sibuk2nya kita dengan pekerjaan kita…
    lita harus menyishkan wlwpun wktu yg kita miliki sgt dkit krna bekerja ..setidaknya harus menyisihkan wktu berliburr untuk anak kita..karna itu jg berdampak bagi perkembagn si anak.

    Reply

  28. Posted by ridwan wijaya on March 26, 2014 at 9:02 am

    berlibur adalah suatu dimana kita tidak melakukan aktivitas rutin seperti bekerja, sekolah, dll. pada saat berlibur kita melakukan aktivitas yang menyenangkan bagi kita yang bertujuan untuk menghilangkan stress. banyak orang yang menghabiskan waktu liburannya dengan orang terdekat seperti keluarga, sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh karena melakukan aktivitas sehari-hari.

    Reply

  29. Posted by 04PKF_Franky Kurniawan on March 26, 2014 at 9:22 am

    Artikel ini sungguh menginspirasi saya karena saya terharu dengan cerita orang yang telah sakit kanker stadium 4 saja bisa mensyukuri atas apa yang di kasih oleh Tuhan Allah kita yaitu kasih sayang melalui sahabat-sahabat ,teman dan keluarga. Tentunya ini menyadarkan kita bahwa di setiap cobaan maupun penderitaan yang kita alami Tuhan pasti mengirimkan kasih sayangnya itu lewat orang-orang di sekitar kita. Berlibur merupakan suatu hal yang menyenangkan sekali karena dengan berlibur kita dapat menikmati keindahan yang telah Tuhan ciptakan untuk kita di dunia ini dan berlibur juga dapat meringankan beban pikiran kita dari hal-hal yang duniawi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: