Tradisi

Menggali tradisi dan tetap bersama tradisi memberikan kemampuan baru (Adh)

images (12)Sepulang dari sebuah pertemuan yang membicarakan masalah Inkulturisasi dalam gereja Katolik dengan beberapa teman di daerah puncak, kami mampir di rumah teman yang berada di lokasi Sentul. Rumahnya berada dalam bilangan lapangan Golf, yang sangat asri sehingga menarik dan anggun sekali. Ungkapan selamat datang disampaikan tuan rumah dengan singkong goreng, jagung rebus dan kacang rebus juga kopi hangat. Semua dihasilkan oleh kebun sendiri kata bapak Johnny, pemilik rumah.
Yang sangat menarik bagi kami adalah kondisi rumah beliau, yang ditata sangat baik, terutama tradisi Jawa yang melekat benar dengan beliau. Di sudut-sudut dan dinding penuh dengan foto-foto tradisi Jawa. Mulai dari urusan keluarga, perkawinan, kelahiran, dan mitoni lamaran. Semuanya sungguh indah dan menawan. Saya bertanya kepada beliau bagaimana beliau mempertahankan tradisi Jawa demikian baiknya. jawaban beliau bahwa dengan menggali tradisi dan bersama tradisi, maka beliau lebih dimampukan terutama dalam hubungannya dengan rohani.
Bagus sekali pandangan ini, karena siangnya kami baru berbicara masalah Inkulturisasi.
Inkulturasi adalah sebuah istilah yang digunakan di dalam paham Kristiani, terutama dalam Gereja Katolik, yang merujuk pada adaptasi saling mempengaruhi antar kebudayaan-kebudayaan non-Katolik ajaran-ajaran Gereja Katolik.
Saya rasa setiap tradisi pasti baik adanya. Misalnya tradisi Cina tentang Ceng Beng (bersih-bersih kubur orang tua dan keluarga yang meninggal). ini memberikaan wacana ikatan kekeluargaan yang rapat dan beguna dalam kehidupan masing-masing, tradisi menggunting kuku, memotong gigi, dan sunatan semua baik adanya. Sedemikian baiknya sehingga perlu kita lestarikan turun temurun agar anak-cucu kita juga bisa merasakan baiknya suatu tradisi.
Tradisi, baik dalam bentuk fisik, etika, cara berbahasa, cara berpakaian dan cara menghormati tentu masing masing daerah berbeda, tetapi jika dipadukan akan baik sekali. Betapa rindu saya kalau setiap bulan sekali Gereja mengadakan misa dengan tradisi tersendiri, supaya kita semakin kaya akan tata-cara tradisi dunia. Misalnya misa dengan bahasa Mandarin dan tradisi Cina, misa bahasa Jawa, misa ala Batak, misa ala Timor dan Flores, dan misa ala Ambon. Dengan demikian kita ikut berpartisipasi dalam melestarikan kebudayaan kita kepada anak-cucu kita.
Di dalam diri kita tentu tercipta adanya tradisi-tradisi tersendiri. Ada baiknya coba kita sinkronisasi dengan kondisi yang ada, misalnya kebiasaan-kebiasaan baik dijadikan tradisi keluarga seperti cium pipi saat berjumpa, doa pagi bersama, makan malam di meja makan bersama, saling mendoakan, dan saling menyapa.
Jika tradisi keluarga sudah terbentuk, kita juga membiasakan kebiasaan kita menjadi tradisi tersendiri. Senyuman kepada siapa saja yang kita jumpai. Tutur sapa yang sopan, ketelitian, dan hormat menghormati. Dengan demikian saya sepakat kalau nilai tradisi akan memberikaan nilai tambah bagi kehidupan kita. Tuhan memberkati. Salam dan doa.

27 responses to this post.

  1. Posted by Nindy on May 22, 2013 at 11:29 am

    Tradisi selalu dianggap mengekang orang sehingga menjadi sulit untuk berkembang ke arah yang lebih maju. Pada kenyataanya tradisi justru memberikan kemampuan baru bagi kita. Agar kita bisa beradaptasi ke arah dunia yang lebih baru

    Reply

  2. Posted by Justman Tan - 1601266186 on May 22, 2013 at 3:58 pm

    Tradisi memang dikenal oleh banyak suku atau daerah-daerah tertentu, tetapi ada juga tradisi yang dikenal sangat unik di Indonesia. Dari sekian banyak tradisi di Indonesia, inilah 10 tradisi unik yang ada di Indonesia:

    1. Ritual Tiwah – Kalimantan Tengah
    2. Kebo-keboan – Banyuwangi
    3. Adu Kerbau (Mapasilaga Tedong) – Toraja
    4. Rambu Solo – Toraja
    5. Pasola – Sumba
    6. Dugderan – Semarang
    7. Tabuik – Pariaman
    8. Makepung – Bali.
    9. Atraksi Debus – Banten
    10. Karapan sapi – Madura

    sumber: http://indonesiaisunik.blogspot.com/p/upacara-upacara-adattradisi-unik-di.html

    Reply

  3. tradisi memang sudah sangat melekat dibagian lapisan masyarakat, karena tradisi sudah ada sejak jaman dulu dan akan terus menerus ada sampai lama dengan cara mempertahakannya

    Reply

  4. berkaitan tentang tradisi, ya gereja dalam hal ini bersikap terbuka atas budaya yang telah ada di masyarakat dan gereja menerimanya dengan cara inkulturasi tersebut, sungguh luar biasa, ketika tradisi itu baik, kenapa harus dilarang? jadi kita sebagai orang indonesia yang mempunyai berbagai macam budaya yang beragam harus bisa mencoba untuk mempertahankannya bahkan melestarikannya.

    Reply

  5. Sesuai topik diatas tradisi di Indonesia bermacam-macam adanya namun sikap kita adalah bagaimana keseluruhan tradisi itu menciptakan keharmonisan yang indah. Setiap tradisi memiliki ajaran2 positif yang dapat dipraktekan dan mungkin dapat menjadi masukkan bagi tradisi lain. Setiap tradisi menghasilkan nilai tambah sendiri di dalam kehidupan kita. Contohnya dalam tardisi jawa tentang sungkeman. Kiranya masukkan dari saya berguna.🙂

    Reply

  6. tradisi adalah suatu adat dan kebiasaan pengertian yang paling sederhana adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun (sering kali) lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.

    Reply

  7. tradisi dalam artikel ini tentu kita harus menjaganya karena ini adalah hal yang penting dalam hidup. dalam menjaga tradisi kita, dalam kepercayaan kita, tentu tradisi di setiap negara berbeda dalam menyambut hari raya mereka,
    menyambut harii raya heboh dengan membuat suatu tradisi yang dirayakan dengan baik. agar tidak melupakan tradisi dari nenek moyang kita. Tuhan sengaja membuat tradisi yang berbeda-beda agar kita menerima hal manusia yang berbeda, dan menghormati tradisi yang berbeda.

    Reply

  8. Posted by Sugianto on May 25, 2013 at 2:11 am

    Menurut saya tradisi adalah hal yang harus kita lestarikan dalam lingkungan maupun diri kita sendiri tetapi dalam melestarikannya kita tidak boleh sampai menggangu orang lain🙂

    Reply

  9. tradisi adalah ciri khas suatu suku atau ras dll oleh karena itu kita harus menjaga tradisi kita agar tidak terpengaruh apalagi terlupakan.

    Reply

  10. tradisi merupakan sesuatu yang harus dihargai oleh semua masyarakat. Setiap daerah pastinya memiliki tradisi yang dilakukan dan setiap kita pergi ke daerah yang mempunyai tradisi yang berbeda kita harus menghargai tradisi mereka.
    karena tradisi merupakan sesuatu yang sangat sensitive dan jika kita menghina tradisi orang lain maka akan terjadinya perang antar daerah dan menimbulkan dendam.
    tradisi yang baik pastinya akan sangat dihargai oleh orang lain , seperti dengan setiap bertemu dengan orang yang kita kenal , kita selalu menyapa dengan senyuman manis dan selain itu seperti setiap pamitan dengan keluarga selalu mencium pipi mama papa atau salam cium dengan orang tua.

    Reply

  11. Posted by mariantochandra@gmail.com on May 25, 2013 at 7:48 am

    tradisi merupakan kebudayaan tradisional setiap daerah.. maka dari ityu, sudah sepantasnya kita jaga dan lestarikan agar tidak hilang…

    Reply

  12. tradisi merupakan kekuatan juga sebagai penghubung dengan tuhan

    Reply

  13. Apakah tradisi dapat dijalankan bersamaan dengan ibadah? seberapa pentingnyakah pemeliharaan tradisi2 tersebut? Bukankah tradisi hanya sekedar kebiasaan yg mungkin jika tidak dilakukan efeknya tidak akan besar untuk kehidupan?!

    Reply

  14. Posted by ANDRI / 02PNM / 1601232576 on June 14, 2013 at 3:18 pm

    banyak yang berpikir mengiktui tradisi itu kuno, sebenarnya tradisi itu sangat kuat dan pekat terhadap diri kita, zaman sekarang ini banyak sekali tradisi-tradisi yang di;lupakan oleh masyarakat yang sebenarnya bahwa tradisi-tradisi tersbut harusnya sangat berpengaruh besar dalm kebangkitan Indonesia…

    Reply

  15. Posted by arbart candra on June 15, 2013 at 4:09 pm

    tradisi merupakan sesuatu yang dilakukan secara turun menurun oleh masyarakat,seperti kita ketahui banyak sekali tradisi-tradisi di Indonesia,menurut saya kita harus selalu menjaga tradisi tersebut agar selalu ada karena dengan tradisi ini pula masyarakat dapat lebih harmonis dan lebih tentram

    Reply

  16. Posted by khairani bianda on June 15, 2013 at 5:07 pm

    tradisi adalah hal yang tidak dapat kita hilangkan. sama saja dengan budaya kita. yang harus kita lestarikan dan jaga sehingga tidak punah dan tidak mengikuti tradisi2 yg bukan seperti tradisi yg ada di negara kita

    Reply

  17. Posted by ananda_1601268872 on June 16, 2013 at 4:03 am

    Setiap budaya mempunyai tradisi masing-masing dan bermacam-macam. Ibarat kata, tradisi merupakan warisan leluhur. Dimana suatu tradisi menjalani ritual tertentu. Seperti tradisi minangkabau dlm pernikahan menjalani ritual adat yg sudah ada dri turuntemurun hingga smpai saat ini. Tergantung manusianya mau mengikuti tradisi yg ada atau tidak, semua tradisi pastinya mempunyai maksud tujuan yg baik.

    Reply

  18. tradisi adalah sebagai kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara. tradisi bisa sebagai identitas suatu masyarakat tersebut. dengan begitu walaupun jaman sudah sangat maju dan teknologi sudah sangat canggih tradis harus tetap dilestarikan. karena kalau bukan kita warga negara indonesia siapa lagi yang akan melestarikannya.

    Reply

  19. wacana tentang tradisi memang cukup mengesankan apalagi di Indonesia ini yang memiliki bermacam suku tradisi dan agama. seperti yang kita tau sedikit demi sedikit tradisi-tradisi yang ada semakin menghilang seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern dan tradisi-tradisinya tidak diturunkan oleh orang tuanya. tetapi harusnya tradisi tetap dipertahankan karena tradisi melambangkan ciri khas suatu daerah.

    Reply

  20. Posted by Steven Yang on June 17, 2013 at 1:21 pm

    Tradisi merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu, sudah seharusnya dipertahankan. Kita bisa lihat di Jepang sana mereka sangat menghargai tradisi dan masih terus melakukannya hingga sekarang meski sudah menjadi negara yang sangat modern. Patut ditiru.

    Reply

  21. Posted by andre 04PHJ on June 20, 2013 at 9:53 am

    tradisi adalah suatu kebiasaan yang dimiliki oleh suatu kelompok tertentu. Tradisi ini sebaiknya dilestarikan dan dipertahankan. Kita juga dapat menerapkan tradisi yang baik dalam kehidupan kita sehari-hari

    Reply

  22. Posted by MICHAEL 04PHJ on June 20, 2013 at 2:36 pm

    tradisi merupakan peninggalan kebiasaan yang dilakukan oleh leluhur kita , tentunya jika dilakukan secara rutin pasti memiliki sisi yang positif , tetapi apabila ada tradisi-tradisi yang memiliki hal-hal yang negatif sebaiknya dirubah atau dirombak

    Reply

  23. Posted by Andi Muhammad Fauzi/ 02PNM/ 1601266702 on June 20, 2013 at 3:11 pm

    Tradisi merupakan hal yg sangat kental terasa di daerah pedalaman disuatu tmpat dalam suatu negara. Bermacam juga tradisi yg hadir mewarnai negara tercinta kita Indonesia. Namun, tradisi yang banyak ini kian menghilang hadirrnya di kota-kotaa besar seperti Jakarta.

    Reply

  24. kita harus mempertahankan sebuah tradisi, bisa tradisi dari nenek moyang, bisa juga tradisi yang kita buat sendiri. seperti tradisi untuk bersenyum kepada orang ketika lewat atau bertemu. jadikanlah tradisi kamu menjadi tradisi yang baik dan patut dicontohkan.

    Reply

  25. tradisi merupakan hal yang bagus jika di lestarikan. tapi bagaimana dengan tradisi yang negatif. misalnya tradisi faroe islands yang membunuh ratusan sampai ribuan paus setiap tahunnya, hanya untuk tradisi.

    Reply

  26. Posted by sutan hekhmatyar defasan on January 16, 2014 at 4:46 pm

    sutan hekhmatyar defasan 1701350121

    tradisi kita memang beragam dan harus kita lestarikan, jangan sampai dicuri orang lagi.

    Reply

  27. Posted by Andhika on March 26, 2014 at 12:59 pm

    Tradisi merupakan sebuah hal yang turun temurun. Bagi saya ini merupakan sebuah anugrah yang Tuhan berikan pada Indonesia, karena kita memiliki tradisi dan budaya yang melimpah. Perbedaan tradisi bukan menjadi penghalang bagi unutk masyarakat untuk dapat bersatu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: