Mencari

Siapa yang punya akan diberi, siapa yang tidak punya akan diambil, kecuali kalau dia mencari

1291617197IWUcOLSaya menuju kota Bandung ingin jumpa seorang sahabat, dosen di Universitas Trisakti, beliau juga dosen di ITB. Saat tiba di kompleks perumahannya, lalu kami mencari rumahnya Blok O. Tetapi setiap kali kami cari Blok O, selalu ditunjukkan Blok U. Ketiga kali kami cari putar-putar kembali tetap kami ditunjuk blok U. Akhirnya kami memberi tanda dengan jari tangan, menunjuk huruf O. Barulah mereka mengerti itu bukan O, tetapi OOO (dialeg Sunda). Dan akhirnya kami sadar bahwa ada kekeliruan dalam menyebutkan O dalam dialeg Sunda, kami hanya bisa tersenyum karena alamat yang dicari sudah ditemukan.
Aku di kantor memiliki tenaga ahli dalam bidang pemasaran. Kerjanya setiap hari mencari, mencari dan mencari order untuk perusahaan berupa proyek atau pekerjaan lainnya. Kepada mereka ditanamkan apa yang harus dicari! Karena selain kita mencari apa yang diinginkan perusahaan sering yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang diharapkan karena adanya miskomunikasi atau adanya distorsi bahasa dan hal-hal lain seperti kendala waktu, biaya dan usaha lainnya.
Mencari boleh dibilang menjadi kegiatan siapa saja, terutama buat para pemuda-pemudi, yang mencari pasangan hidup. Ada yang sampai putus asa dan pasrah. Kisah Novel Arjuna mencari Cinta sangat inspiratif buat para muda-mudi karena ada baiknya ada juga buruknya. Orang bilang jodoh di tangan Tuhan. Ada yang bilang jodoh ditangan hansip. Ada juga bilang jodoh ya dijodohkan kaya kisah Siti Nurbaya. Satu hal bahwa kita memang harus mencari, terserah jodoh atau tidak jodoh kita tetap harus mencari. No Pass No Chance, istilah dalam pukulan puter Golf.
Siapa yang punya akan diberi, yang tidak punya akan diambil. Agak aneh buat pendengaran normal. Tapi bagi siapa yang sudah biasa mencari maka akan mengerti maknanya. Punya atau memiliki di sini artinya punya niat baik, semangat, kepekaan, kebaikan, ketulusan, kemauan keras dan tiidak lupa kawan. Kalau tidak punya teman jangan harap bisa mendapat sekalipun cari keujung dunia.
Maka kepadanya akan diambil, yakni lelah, putus asa, kesedihan, kehilangan gairah, hidup tanpa suka cita.
Kita juga dari hari ke hari harus mencari Tuhan walau sebenarnya Tuhan sudah mencari kita sebelum kita mencari-NYA, tetapi bukan berarti kita bisa menemukan-Nya begitu saja. Kita harus punya hati yang bersih, niat dan cinta. Jalan yang kita cari menuju Tuhan tidak selalu mulus, melainkan banyak distorsi dan hambatan. Semoga mulai hari ini kita semua belajar mencari, mencari dan mencari.
Aku sendiri mau mencari damai sejahtera bersama sahabatku semua Tuhan memberkati, menyayangi dan melindungi kita semua.

60 responses to this post.

  1. segalah sesuatu itu butuh pencarian,tidak akan datang dengan sendirinya,tuhan sangat membenci orang yang tidak mau berusaha

    Reply

  2. Posted by Dyah Indah Pratiwi on December 17, 2012 at 8:11 am

    mencari , disemua hidup kita memang harus selalu mencari . Seperti mencari cinta , mencari pekerjaan , mencari alamat , mencari jati diri yang sebenarnya , dll . karna itu mencari juga sangat penting di kehidupan kita/dikehidupan nyata🙂

    Reply

  3. Kita hdup untuk Mencari sesuatu uang kita inginkan . tetapi harus sadar dan halal , bukan yang tidak halal seperti korupsi agak kita mendapatkannya . mecari itu baik ttp tidak baik bila disalah gunakan .

    Reply

  4. mencari adalah sebuah semboyan, semboyan untuk berjuang didalam kehidupan, semboyan untuk menekuk lututkan kemalasan didalam kehidupan ini karena dengan mencari kita dapat menemukan , dengan mencari kita akan mendapatkan dan dengan menemukan dan mendapatkan kita akan mempunyai, mempunyai yang kita inginkan , mempunyai syarat yang Tuhan inginkan, mempunyai semua yang dibutuhkan kehidupan

    Reply

  5. mencari dalam hal apapun kita lebih baik bertanya dengan siapapun itu, begitupun dengan jodoh ataupun teman lebih baiknya kita berdoa agar kita tau yang mana yang baik bagi kita untuk kita temani dan siapa itu jodoh bagi kita.

    Reply

  6. mencari merupakan hal yang penting di hidup kita ,, seperti mencari pasangan , mencari ilmu , atau apapun yang berguna bagi kita

    Reply

  7. Artikel ini sangat bagus, melalui artikel ini saya telah disadarkan bila ingin mendapatkan sesuatu maka harus disertai usaha dan semangat. Contoh nyatanya adalah dalam mencari pasangan hidup, jodoh memang ada di tangan Tuhan tapi kita juga tetap harus melakukan usaha hingga kita menemukan pasangan hidup yang telah ditentukan oleh Tuhan bagi kita.

    Reply

  8. Saya setuju. Tidak selamanya yang kita inginkan dapat selalu kita dapatkan. Setiap orang punya keberuntungan yang berbeda-beda. Tekadang kita harus berusaha sekuat tenaga untuk dapat mencari apa yang kita butuhkan itu. Dan tidak bisa sesuatu itu langsung datang begitu saja.

    Reply

  9. terkadang, kita harus berhenti mencari dan diam, melihat apakah yang kita cari sebnarnya sudah ada. seperti cinta Yesus kepada kita.

    Reply

  10. Posted by Katrine on March 26, 2014 at 1:47 pm

    Saya setuju apabila jodoh ada di tangan Tuhan. Namun apabila kita hanya pasrah dan menunggu tanpa mencoba mencari seseorang yang cocok dengan kita, saya rasa jodoh tidak akan datang kepada kita. Terkadang ada seseorang yang sering mencoba jatuh cinta dan gagal, saya rasa mereka tidak perlu putus asa, mungkin Tuhan sudah menyediakan orang yang lebih baik lagi untuk dia.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: