HARI PAHLAWAN

Surabaya, oh Surabaya oh Surabaya, Kota Kenangan, tak akan terlupakan sebagai Kota Pahlawan

Saya tinggal di Surabaya mulai tahun 1965-1976. Saya bisa berbahasa Jawa atau bahasa khas Surabaya dengan lancar sekali. Saya suka Kota Surabaya karena makanannya enak-enak. Tingkat persahabatan di Surabaya sangat sangat akrab, yang jarang ditemui di kota lain. Bayangkan saja teman-teman SMA seangkatan saya masih komplit dan berhubungan dengan mesra sekali.
Kota Surabaya berasal dari Kata SURA (Hiu) dan Baya (Buaya). Dalam alkisah sang Sura dan Baya bertempur sampai titik darah penghabisan untuk memperebutkan daerah kekuasaannya. Dalam sejarah pun, karena heroiknya kisah kota Surabaya, sehingga kota ini disebut Kota PAHLAWAN dan dianugerahi peringatan Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Mari kita ikuti sedikit kisah sampai dikenang sebagai Kota Pahlawan.
Pada 10 November 1945, setelah terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby, penggantinya Mayor Jenderal Robert Mansergh mengeluarkan ultimatum yang menyebutkan bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas. Batas ultimatum adalah jam 6.00 pagi tanggal 10 November 1945. Ultimatum tersebut kemudian dianggap sebagai penghinaan bagi para pejuang dan rakyat yang telah membentuk banyak badan-badan perjuangan. Ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia dengan alasan bahwa Republik Indonesia waktu itu sudah berdiri. Tentara Keamanan Rakyat (TKR) juga telah dibentuk sebagai pasukan negara. Selain itu, banyak organisasi perjuangan bersenjata yang telah dibentuk masyarakat, termasuk di kalangan pemuda, mahasiswa dan pelajar yang menentang masuknya kembali pemerintahan Belanda yang memboncengi kehadiran tentara Inggris di Indonesia.
Pada 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan berskala besar, yang diawali dengan pengeboman udara ke gedung-gedung pemerintahan Surabaya, dan kemudian mengerahkan sekitar 30.000 infanteri, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang.
Inggris kemudian membombardir kota Surabaya dengan meriam dan artileri berat dari laut dan udara. Perlawanan pasukan dan milisi Indonesia kemudian berkobar di seluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk. Terlibatnya penduduk dalam pertempuran ini mengakibatkan ribuan penduduk sipil jatuh menjadi korban dalam serangan tersebut, baik meninggal maupun terluka.
Di luar dugaan pihak Inggris yang menduga bahwa perlawanan di Surabaya bisa ditaklukkan dalam tempo tiga hari, para tokoh masyarakat seperti pelopor muda Bung Tomo yang berpengaruh besar di masyarakat terus menggerakkan semangat perlawanan pemuda-pemuda Surabaya sehingga perlawanan terus berlanjut di tengah serangan skala besar Inggris.
Setidaknya 6.000 – 16.000 pejuang dari pihak Indonesia tewas dan 200,000 rakyat sipil mengungsi dari Surabaya. Korban dari pasukan Inggris dan India kira-kira sejumlah 600-2000 tentara. [Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai HARI PAHLAWAN oleh pemerintah Republik Indonesia hingga sekarang.
Semoga jasa-jasa para pahlawan negara yang gugur di SURABAYA demi mempertahankan kemerdekaan yang bisa kita nikmati hingga hari ini berada dalam damai Tuhan.

46 thoughts on “HARI PAHLAWAN

  1. Novi Andryani

    Menurut saya, bila tanpa pahlawan, kita tidak akan merdeka dan bebas dari penjajahan. Mereka berjuang keras untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan, bahkan mengorbankan nyawa.
    Sungguh mulia para pejuang kita, meskipun banyak pejuang yang gugur untuk membela negara.
    Kita harus bersyukur, kita telah hidup merdeka sekarang. Sekarang bagaimana cara kita sebagai generasi muda untuk mempertahankan kembali kemerdekaan yang sudah ada dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

    Reply
  2. Lianeu Suci Francizca

    Pahlawan memang sangat berjasa untuk warga Indonesia. Para pahlawan rela mati untuk membela bangsanya. tidak semua orang mau menjadi seorang pahlawan yang mau mengorbankan nyawanya untuk orang lain. semua orang pasti akan berpikir ribuan kali. tapi para pahlawan Indonesia, mau melakukannya demi kemerdekaan Indonesia

    Reply
  3. Lia Damita Sari

    Pahlawan di masa sebelum kemerdekaan diartikan sebagai seseorang yang membela tanah air sepenuh jiwa dan raga serta mengorbankan harta dan nyawanya demi kemerdekaan negara Indonesia tercinta.
    Menjadi seorang pahlawan untuk masa sekarang ini, bukanlah mencari gelar untuk dikatakan pahlawan, tetapi bagaimana kita dapat sebesar mungkin memberikan kontribusi bagi Indonesia tanpa mengharapkan pamrih.

    Reply
  4. liayanti

    menurut saya pahlawan adalah orang yang sangat penting di indonesia ini karena jika tidak ada pahlawan maka kita tidak akan terbebas dari penjajahan,oleh karena itu kita patut memperingati hari pahlawan karena beliau lah negara indonesia ini bebas dari penjajahan.selain itu menjadi pahlawan sangatlah tidak mudah karena mengorbankan jiwa dan raga nya,dan mereka semua melakukan itu semua tanpa pamrih.

    Reply
  5. officialmevina

    mengaharukan sekali kisahnya. saya selama ini juga bingung kenapa simbol surabaya itu hiu sama buaya dan sekarang baru tahu lewat artikel ini. Saya juga punya beberapa teman di surabaya, memang sangat baik dan ramah. Setiap ulang tahun saya selalu dikirimi hadiah dan setiap balik ke jakarta juga sering diberi oleh oleh dari Surabaya, padahal saya tidak pernah memberikan apa apa ke teman saya itu πŸ˜›

    Reply
  6. Erni Diana

    Mendengar kata pahlawan yang terlintas dipikiran saya adalah para pejuang tanpa tanda jasa yang rela mengorbankan harta, nyawa, tenaga, bahkan keluarga dan sanak saudara tercinta demi berperang melawan dan mengusir para penjajah yang dengan seenaknya menjajah negara kita ini hingga membawa negara Indonesia mencapai kemerdekaan yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Indonesia.
    Kita harus mengucapkan syukur dan terimakasih kita kepada para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan negara kita yang tercinta ini. Salah satu cara kita mewujudkan rasa terimakasih kita adalah dengan belajar yang rajin agar pengorbanan para pahlawan tidak sia-sia..

    Reply
  7. susanti_9411

    menurut saya memang pertempuran kita belum berakhir yaitu pertempuran melawan keinginan duniawi yang memaksa kita untuk menyerah dan mengikuti kehidupan duniawi yang penuh dosa. di dalam dunia kita di tuntut untuk mengikuti adanya perkembangan tetapi jaman sekarang orang2 yang mengikuti perkembangan malah menyalahgunakannya itu yang membuat kita harus memberikan perlawanan terhadap perkembangan dunia yang memiliki dampak buruk.

    Reply
  8. vicaris8997

    Pahlawan merupakan orang – orang yang telah sangat berjasa bagi kepentingan semua warga Indonesia dalam mencapai kemerdekaan negara Indonesia.Tanpa pahlawan apalah jadinya kita sekarang , kebanyakan dari kita ada yang tidak menghargai perjuangan pahlawan karena tidak pernah mengalaminya sendiri.Padahal perjuangan pahlawan itu sangatlah tidak mudah , tidak semudah seperti membalikkan tapak tangan.Para pahlawan telah memberikan pengorbanan yang sangat besar dalam memperjuangkan kemerdekaan.Artikel ini sangat mendukung kita dalam menghormati dan menghargai apa yang sudah dilakukan para pahlawan dalam merebut Indonesia dari penjajahan para penjajah.

    Reply
  9. Renaldi Noerdjaja

    pahlawan telah berjuang hingga titik darah penghabisan membela negara ini mati-matian, tapi saya pernah melihat postingan foto di fb, bahwa jaman skrg banyak pahlawan jaman dahulu yang tidak dihargai, mereka hidup mengemis dan sebatang kara. sedih saya melihat posting seperti itu , hingga tidak habis pikir apa yang sebenarnya terjadi di negara ini .
    saya amat menghargai jasa para pahlawan, kalau bukan karena mereka, mana mungkin boleh kita bersekolah dan kuliah dengan bebas , bisa menghirup kebebasan di negara ini meski ada sedikit belenggu yang mengganjal ..
    Pahlawan, jasamu takkan tergantikan πŸ™‚

    Reply
  10. agnesvinansia23

    Pahlawan , menurut saya , seorang pahlawan itu banyak berjasa untuk negeri kita ini , rela mati demi bangsa dan negaranya untuk ia bela . selama ini menurut saya pahlawan sudah mulai di lupakan , karena sudah jarang yang mengenang jasa-jasanya para pahlawan tersebut untuk sekarang.

    Reply
  11. willy chrisanto

    Pahlawan yang memiliki kemampuan untuk menentang semua penghinaan untuk momentum para panglima, perang dunia tidak hanya kagum, namun sulit dipahami. Pahlawan kuno dan modern seperti bintang yang ada di langit, sangat banyak. Namun , karena yang paling istimewa adalah beberapa orang doang. bahkan jika alam semesta disimpan dari sekarat. Namun, jika orang ini, adalah jumlah kehidupan, sehingga akan mencapai abadi.

    Reply
  12. lina

    menurut saya hari pahlawan merupakan satu hari bagi kita untuk mengenang jasa dari para pahlawan yang rela berkorban demi mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia.karenanya tanpa adanya sosok pahlawan negara maka negara Indonesia ini akan terus berada pada masa penderitaan karena penjajahan negara lain,semua hasil bumi kita diangkut ke negara sang penjajah demi kemakmuran negaranya sedangkan negara kita Indonesia yang memiliki banyak sumber daya rakyatnya merasa tertindas

    Reply
  13. Michelle Elizabeth Jocom

    Kita harus mengingat jasa-jasa pahlawan kita, karena jika tidak ada mereka, negara kita tidak akan pernah merdeka. Maka kita harus menghargai hari pahlawan, kita harus mendoakan mereka. Jasa-jasa yang mereka lakukan untuk bangsa Indonesia sangat berarti. Karena pengorbanan mereka, kita dapat menikmati kehidupan ini tanpa ancaman.

    Reply
  14. chara kitti

    dengan ada hari pahlawan kita bisa tahu berapa menderitanya mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia yang begitu besar. berkat itu kita sekarang bisa sekolah, kuliah n jalan dengan lumayan tenang coba saat perang mw sekolah pasti kalian kuartir banget

    Reply
  15. yohanesxgunawan

    saya sangat bangga dengan pahlawan zaman dahulu karena mereka berani merelakan nyawa mereka untuk melawan musuh..memang sekarang kita tidak berperang namun saat ini kita dihadapkan kepada era global dimana semua kebudayaan asing masuk ke negara kita…kita juga harus berjuang agar kebudayaan kita tidak hilang dan dicuri orang lain!

    Reply
  16. hendry8940

    Saya merasa bangga dan berterima kasih kepada para pahlawan, karena mereka dengan gagah berani merebut kemerdekaan. Kita juga harus berjuang pada masa ini dengan melakukan yang terbaik di zaman kemerdekaan ini, kita tidak boleh menyia-nyiakan pengorbanan dan perjuangan mereka di masa lalu.

    Reply
  17. vicky chandra

    hari pahlawan adalah hari yang sangat penting bagi bangsa indonesia, karena hari pahlawan adalah hari memperingati keberanian para pahlawan, mereka sangat berani dan rela berkorban untuk membela bangsa dan negaranya dari penjajahan Belanda.
    kita harus selalu mengingat pengorbanan para pahlawan yang telah berkorban membela bangsa dan negaranya..

    Reply
  18. Darwin Wijaya

    pahlawan pada masa itu mempunyai tujuan untuk merebut, memproklamirkan, dan mempertahankan kemerdakaan dari para penjajah, dimana rakyat Indonesia mulai bersatu dan memiliki tujuan yang sama serta adanya semangat juang yang tinggi untuk dapat membela tanah air yang telah merdeka.
    tapi pahlawan saat ini mempunyai tujuan untuk, mengisi kemerdekaan yang telah direbut dari para pahlawan di masa dulu.

    Reply
  19. Verdy Saputra

    Dari pahlawan hari yang sangat penting bagi indonesia untuk mengenang pahlawan yang telah memperjuangkan negara Indonesia ini menjadi tetap ada didalam dunia ini, tanpa adanya orang yang mau memperjuangkan negara ini, Indonesia mungkin jadi tidak ada.
    Semoga semua berada dalam damai Tuhan

    Reply
  20. Steward

    Kita sebagai pemuda maupun pemudi yang bisa merasakan hari-hari yang aman sekarang harusnya bersyukur, karena kita tidak perlu pergi berperang dan ketakutan di malam hari. Sebagai pemuda saya sangat berterima kasih kepada orang-orang yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia tercinta. Namun perjuangan kita tidak hanya sampai disini, karena musuh kita sekarang adalah ancaman global, ekonomi, politik dan teknologi. Kita masih harus berjuang meskipun tidak menggunakan senjata melainkan menggunakan pikiran dan hati nurani.

    Reply
  21. julyandri

    Hari pahlawan adalah hari dimana kita memperingati pejuang-pejuang kita yang telah gugur di masa lampau demi mempertahankan kemerdekaan.Saya sangat terkagum melihat perjuangan pejuang kita di masa lampau sehingga kita bisa menikmati hasilnya.Maka dari itu,kita seharusnya merenungkan jasa pejuang-pejuang kita di masa lampau dan menjadikan pengalaman di masa kini.Ingat Tanpa pejuang-pejuang tersebut,kita akan dijajah terus menerus

    Reply
  22. cathchand

    hari pahlawan adalah hari dimana kita memperingati perjuangan pejuang-pejuang kita yang telah gugur saat medan perang demi mempertahankan dan meraih kemerdekaan indonesia
    oleh sebab itu, jadilah anak bangsa yang mampu membanggakan indonesia

    Reply
  23. suryati c

    hari pahlawan adalah hari yang penting bagi bangsa indonesia. karena memperingati pejuang-pejuang atupun pahlawan-pahlawan yang telah gugur demi mempertahankan bangsa indonesia dan meraih kemerdekaan di indonesia. di mana kita menikmatinya secara aman dan nyaman, tidak ada berperang satu sama lain.

    Reply
  24. aryaniyunitaarifin

    hari pahlawan merupakan hari dimana kita memperingati para pahlawan kita yang sudah berjuang untuk memerdekakan negara kita. para pahlawan rela mati untuk membebaskan kita dari para penjajah yang sudah membuat kita menderita. jasa pahlawan sudah sangat banyak membantu kita, maka dari itu hargai para pahlawan yang sudah berjasa untuk.

    Reply
  25. meldawati

    pahlawan adalah pejuang indonesia, karena dengan pahlawan yang telah memperjuangkan negara indonesia. pahlawan rela mati dan dijajah untuk membela tanah air kita, tanpa ada pahlawan adalah tanpa tanda Jasa.

    Reply
  26. Aan kurniawan

    para pahlawan adalah orang yang sangat berjasa terhadap kita,tanpa mereka kita tidak akan merasa bebas dan legah seperti sekarang..mungkin tanpa mereka kita akan selalu merasa takut melakukan sesuatu,takut d tembak dan alin-lain..makanya udah sewajarnya kita menghargai mereka dengan merayakan hari pahlawan

    Reply
  27. cremonaliadylova

    Pahlawan merupakan pejuang tanah air. Pahlawan rela berkorban demi membela tanah air. Hari pahlawan adalah hari terpenting dimana memperingati hari pejuang-pejuang bangsa yang telah gugur di medan pertempuran. Pejuang bangsa tidak hanya di medan perang tetapi ada yang disebut Pahlawan tanpa tanda jasa seperti Ki Hajar Dewantara yang dalam semboyan Tut Wuri Handayani. Hari pahlawan harus kita teladani karena perjuangan para pahlawan bangsa dalam memerdekakan tanah air.

    Reply
  28. dewina sari

    hari pahlawan itu adalah hari untuk mengenang para pahlwan kita , hari pahlawan itu harus kita kenang karena jasa pahlawan yang sungguh luar biasa yang berani melawan untuk hidup ataupun mati.

    Reply
  29. serrasepti

    jasa pahlawan itu tidak dapat di bayar dengan apapun, mereka mempertaruhkan nyawa nya dan rela mati untuk memperjuangkan negara indonesia, tidak peduli walaupun mereka mati di medan perang yang jelas bangsa indonesia bisa merdeka sehingga berkibarlah bendera merah putih. so hargailah jasa para pahlawan kita. πŸ™‚

    Reply
  30. Eliriani

    10november biasa kita kenang sebagai hari pahlawan. Di mana terjadi Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai HARI PAHLAWAN oleh pemerintah Republik Indonesia hingga sekarang. Di mana rakyat sipil yang banyak rela berkorban demi memperjuangkan negara kita. Maka kita harus menghormati jasa” mereka .

    Reply
  31. Eliriani

    10november biasa kita kenang sebagai hari pahlawan. Di mana terjadi Pertempuran berdarah di Surabaya yang memakan ribuan korban jiwa tersebut telah menggerakkan perlawanan rakyat di seluruh Indonesia untuk mengusir penjajah dan mempertahankan kemerdekaan. Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat sipil yang menjadi korban pada hari 10 November ini kemudian dikenang sebagai HARI PAHLAWAN oleh pemerintah Republik Indonesia hingga sekarang. Di mana rakyat sipil yang banyak rela berkorban demi memperjuangkan negara kita. Maka kita harus menghormati jasa” mereka. Mereka

    Reply
  32. Stefina Angga

    Mereka yang telah berjuang dalam peperangan mengusir penjajah adalah pahlawan sejati. Mereka bahkan ada yang sampai gugur demi mempertahankan kemerdekaan bangsanya. Mereka tidak menuntut apapun dari pemerintah, terbukti banyak veteran yang pada jaman setelah kemerdekaan malah terabaikan dan hidup dalam kesulitan ekonomi. Sudah sepatutnya kita menghargai jasa-jasa mereka dengan terus mewujudkan ‘kemerdekaan’ melalui hidup kita, dengan menjadi pemuda-pemudi yang bertingkah laku positif.

    Reply
  33. Dessy Kristanti

    dengan kemerdekaan yang sekarang kita rasakan kadang kita lupa untuk bersyukur bahwa kemerdekaan yang sekarang kita rasakan tidak lepas dari perjuangan pahlawan2 kita yang gugur demi mempertahankan indonesia,
    maka dari itu sebaiknya kita harus bisa menghormati jasa2 pahlawan kita, sebsb tanpa mereka kita tidak akan menikmati damai Kristus sampai hari ini.

    Reply
  34. Sylvia

    sudah seharusnya setiap tanggal 10 November kita harus memperingati Hari Pahlawan karena para pahlawan telah berjasa dan berjuang untuk melawan penjajah-penjajah dengan rela mengorbankan nyawa mereka. pahlawan -pahlawan dahulu memiliki sikap patriotisme yang tinggi. kita yang sebagai generasi muda bisa mencontoh sikap patriotisme dari para pahlawan.

    Reply
  35. hedwig gerardine calvin

    Hari Pahlawan merupakan satu hari khusus untuk memperingati jasa pahlawan-pahlawan yang mempertahankan tanah air di beberapa negara. Ia biasanya disambut sempena hari kelahiran seseorang pahlawan, atau hari kepahlawanannya.

    Reply
  36. Edwin Stanly

    Kota Surabaya berasal dari Kata SURA (Hiu) dan Baya (Buaya). Dalam alkisah sang Sura dan Baya bertempur sampai titik darah penghabisan untuk memperebutkan daerah kekuasaannya. Dalam sejarah pun, karena heroiknya kisah kota Surabaya, sehingga kota ini disebut Kota PAHLAWAN dan dianugerahi peringatan Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Mari kita ikuti sedikit kisah sampai dikenang sebagai Kota Pahlawan.

    Reply
  37. naniwijaya250794

    Melihat orang-orang yang hidup dengan tentram tetapi hampir kebanyakan mereka yang melupakan bagaimana perjuangan pahlawan untuk negara ini dan karena mereka kita bisa hidup dengan tenang dan damai.

    Reply
  38. Maorel

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa pahlawannya. Semoga jasa-jasa pahlawan yang gugur di terima disisi-Nya. MERDEKA!

    Reply
  39. dwiandra annas putra

    saya sangat bangga dengan pahlawan zaman dahulu karena mereka berani merelakan nyawa mereka untuk melawan musuh. Memang sekarang kita tidak berperang namun saat ini kita dihadapkan kepada era global dimana semua kebudayaan asing masuk ke negara kita !kita juga harus berjuang agar kebudayaan kita tidak hilang dan dicuri orang lain!

    Reply
  40. rara anggita

    Pahlawan dalam masa perang memang sangat berjasa bagi kehidupan mendatang, buktinya saya hidup bebas dan merdeka sekarang ini. Karena itu, pahlawan harus ttp diingat dan sifat-sifatnya haruslah di lestarikan dalam kehidupan manusia. Agar generasi seterusnya jg dapat hidup dengan sifat-sifat yang luhur tsb.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s