Mujur

Sopo ngerti nasib awak lagi mujur, kenal anake sing dodol rujak cingur (rek ayo rek)

jujur-426x288Banyak cerita tentang mujur. Bisa saya ceritakan petikan dari kisah persahabatan Pangeran Muda Min Zhu yang dikisahkan pada jaman Disnati Ming.
Zhu bersahabat sangat akrab dengan Quo seorang Han biasa. Pangeran muda ini sangat hobby berburu binatang di hutan. Karena suatu kecelakaan panah Quo mengenai tangan Zhu. Akibatnya beberapa jarinya harus diamputasi. Zhu sangat geram sehingga menitahkan jari tangan Quo juga minta dipotong. Hal ini membuat Quo sakit hati, marah dan dendam kepada sahabatnya, karena dia menganggap itu kecelakaan bukan disengaja. Sebagai sahabat baik dia sudah minta maaf, tetapi Zhu tidak mau mengerti. Dalam suatu perjalanan di hutan tiba-tiba mereka disergap oleh suku bangsa barbar kanibal, pemakan dan pemangsa manusia. Zhu dan Quo tertangkap. Mereka sungguh sangat takut karena mereka berdua harus dibunuh dan dimakan, tetapi nasib berkata lain. Kedua anak muda ini bebaskan, karena ada syarat dari suku bangsa itu bahwa mereka tidak boleh makan manusia yang cacat.
Zhu berkata kepada sahabatnya : “Quo, terima kasih, kalau engkau tidak membuat tanganku cacat, aku pasti sudah mati dan dimakan oleh suku bangsa barbar tersebut!”, katanya sambil merangkul sahabatnya. Quo juga menangis, dan sangat menyesal karena dia sangat benci terhadap Zhu, katanya : “Terima kasih sahabat, dan maafkan aku, selama ini aku membencimu, karena sikap dan tindakanmu menghukumku, tetapi akibat hukuman itu saya juga selamat. Mereka berangkulan sebagai sahabat baik dan memberikan kemujuran dan menyelamatkan mereka berdua.
Saya mengalami hal mujur berulang kali. Suatu senja saya dan sopir berdua pulang dari Cilegon. Nasib kurang baik karena kami menabrak seekor kambing betina besar dan mati. Dengan niat baik, kami berhenti, pikirnya mau ganti rugi, tapi kebaikan hati kami diterima salah bahkan kami dituntut membayar denda cukup besar yaitu 5x harga kambing tersebut. Kami setuju membayar kerugian tersebut, tapi saya minta pembayaran harus dihadapan Pak Lurah setempat supaya menghindari hal-hal tidak diinginkan kemudian. Penduduk setempat pun setuju lalu kami menuju rumah Pak Lurah. Hal yang sungguh diluar dugaan ternyata saya kenal Pak Lurah tersebut bahkan kami disambut dengan kopi, jagung rebus dan kue-kue enak! Lalu Pak Lurah bertanya, siapa pemilik kambing tersebut? Ternyata kambing ini tak bertuan. Pak Lurah menegur warga, kalau bukan milik kalian kenapa harus menuntut denda begini besar. Lalu penduduk setempat diwakili oleh bapak haji menjelaskan bahwa uang tersebut nanti akan diserahkan kepemiliknya, kalau tidak akan disumbangkan! Cerita berubah 180 derajat. Akhirnya pak Lurah mengajak damai karena tidak ada denda. Kambing yang mati diolah oleh ibu-ibu dibuat gule dan sate. Kami semua akhirnya bersuka ria pesta gule kambing dan sate kambing lalu saling memaafkan dan kami makan dengan kenyang malam harinya.!!!

Mujur memang sering hadir dalam kehidupan kita. Saya sungguh percaya tangan Tuhan bekerja keras untuk kemujuran setiap orang. Saya menjadi saksi dalam perusahaan kami sering terjadi kasus-kasus yang penyelesaian akhir berbeda sama sekali dengan kondisi yang seharusnya terjadi dan nasib baik berpihak kepada kami. Alangkah indahnya keadaan mujur ini jadi kisah yang manis dan terukir di hatiku.
Semoga kita semua bisa melihat kemujuran kita sebagai tangan Tuhan yang bekerja melindungi dan menjaga kita untuk sumber suka cita sekarang, selalu dan selamanya. Semoga Tuhan memberkati kita semua. Salam dan doa.

61 responses to this post.

  1. Ryan Darmasaputra_04PWM_1501185194

    yaaa mujur itu bisa juga dbilang faktor keberuntungan, seringkali ssorang mengalami sesuatu yang mujur. tapi jangan terlalu bergantung dengan “mujur” ,karena apabila kita berharap2 ssuatu yang mujur akan datang saat kita dalam keadaan kacau, bisa sajaa malah jadi musibah , karena tidak sesuai dengan sesuatu yang dipikirkan nya

    Reply

  2. Posted by Tumpal Immanuel ( 04PIF ) on June 17, 2013 at 6:16 pm

    Sesuatu yang tidak dapat di tebak oleh nalar kita sebagai manusia,banyak manusia yang berpikir musibah adalah musibah.padahal di balik segala musibah Tuhan selalu selipkan sesuatu yang tanpa kita sadari dapat menyelamatkan diri kita ataupun menguntungkan. Maka dari itu kita sebagai manusia harus bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan kepada kita..

    Reply

  3. Posted by BRYAN PATTY on June 19, 2013 at 1:32 am

    Keberuntungan merupakan faktor lain dalan hidup kita. Sama halnya dengan seorang penyanyi. Walaupun dia memiliki suara yang bagus dan performa yang bagus tetapi kalo tidak beruntung, belum tentu bisa terkenal. Tetapi semuanya itu adalah Rencana Tuhan, di mana kita harus percaya bahwa Rencan Tuhan selalu indah pada waktunya.

    Reply

  4. Posted by depri christian on June 19, 2013 at 2:09 pm

    mujur atau keberuntungan adalah keinginan setiap manusia dlm hidup ini ,tanpa kita sadari terkadang kemujuran datang di saat yg tak terduga,namun sebenarnya itu bukan keberuntungan itu adalah anugerah yg TUHAN berikan kpd kita yg perlu kita syukuri,Tuhan ingin kita baersyukur di saat suka dan duka

    Reply

  5. Mujur itu memang bisa datang dengan sendirinya, tapi juga bisa datang apabila kita bekerja keras untuk mencapai sesuatu. Jadilah orang yang bekerja keras untuk mendapat kemujuran dalam hidup kita.

    Reply

  6. Posted by cottonbutton on June 21, 2013 at 3:29 pm

    Kadang kita merasa sedang sial tetapi kadang kita merasa sedang beruntung. Segala sesuatunya tidak dapat ditebak. Tuhan selalu mempunyai rencana yg indah buat kita

    Reply

  7. Posted by frans 2mak2 on June 21, 2013 at 4:16 pm

    saya sering mengalami kemujuran dan saya sangat yakin ini adalah mukjizat yang diberi tuhan untuk saya…saya sangat bersyukur…dan terus mengucapkan doa..

    Reply

  8. Posted by Reynold Lukman on June 21, 2013 at 4:21 pm

    mujur itu dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. jd jangan lah bermalasmalas lakukan sesuatu dengan maksimal. dan persembahkan yg terbaik sehingga anda pun akan memperoleh hasil yg maksimal.

    Thanks

    Reply

  9. Posted by Mei Lani on June 24, 2013 at 3:30 pm

    Mungkin ini adalah keadaan yang paling kita sukai yaitu disaat kita mujur atau mendapat keberuntungan apalagi disaat-saat kepepet.

    Reply

  10. mujur dapat terjadi kapanpun, semua itu sesuai rencana tuhan. mungkin sebelumnya kita sedang dikasih cobaan tiba-tiba keberuntungan datang. itu salah satu tanda bahwa tuhan maha adil.

    Reply

  11. Posted by Olivia Rusli on December 5, 2013 at 3:55 pm

    Mujur/ Keberuntungan / hoki.. banyak orang sering mengatakan hal itu.. tapi percayalah itu semua merupakan campur tangan Tuhan yang telah direncanakan untuk kehidupan kita

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: