Mawar

Mawar merah yang mekar mewangi dipagi hari ini sebenarnya ingin menyapamu dengan penuh suka cita dan damai sejahtera (Adh)

yellow-rose-widescreen-wallpaperValentine day atau Hari Kasih Sayang 2013 jatuh pada hari Kamis, 14 Pebruari lalu dirayakan dengan sukacita oleh sebagian orang terutama para pasangan muda-mudi yang sedang memadu kasih sayang (Walau ada beberapa orang tidak suka – maaf)
Ini sebuah kisah dari sahabatku yang tak ketinggalan merayakan Valentine Day walau mereka sudah lebih 20 tahun berumah tangga. Sebut saja Dewi dan Teddy, yang dengan senyum terkulum mengatakan mereka memperingati Hari Kasih Sayang setiap tahunnya karena hari ini bermakna khusus buat cinta mereka.
“Kami berdua adalah tipe yang percaya kasih sayang setiap saat perlu dirayakan!”. Momen khusus begini menjadi istimewa karena sekarang kami resmi menjadi suami istri sehingga curahan kasih sayangnya jadi terasa berbeda,” kata Dewi tersenyum memaparkan.
Dewi mengakui bersama suami tercinta, untuk Valentine kali ini, menyiapkan sebuah perayaan yang meski kecil, bukan jor-joran tapi bermakna dalam. “Saya kan suka bunga, dia (Teddy) tahu hal itu. Makannya jauh-jauh hari Ted sudah bilang akan memberikan mawar merah untuk saya. ”Kami berdua sepakat mawar merah lambang cinta abadi dan penuh romantisme”, ujar Dewi semangat.
Apa yang diucapkan Dewi memang bukan isapan jempol belaka.
Dan faktanya bunga mawar memang indentik sebagai hadiah wajib pada Valentine Day. Perempuan manapun akan luluh hatinya dan tersentuh ketika menerima setangkai atau sebuket mawar dari seseorang yang dicintainya.
Sungguh sangat romantis dan pasti memberikan kesan tak terlupakan.
Waktu aku masih pacaran terpikir untuk memberikan setangkai mawar dan saat aku memberikan setangkai mawar merah ke pacarku (sekarang istriku) selalu tersipu malu dengan pipi memerah sambil tersenyum. Tentu kenangan itu akan terkesan sampai hari tua kami. Namun dibalik setangkai atau sebuket mawar yang dikirimkan dengan aneka warna rupanya mengandung beragam makna.
Tidak sekedar warna merah, putih, oranye, kuning, hitam, hijau dan sebagainya. Marilah kita buka sedikit rahasia arti mawar berikut ini yang memiliki makna yang tersimpan di balik setiap warnanya (kutipan) :

1. Mawar Merah. Mawar merah memang paling populer di antara mawar-mawar lainnya. Mawar merah memiliki makna cinta, kecantikan, keberanian, penghormatan, keromantisan, dan ucapan selamat. Maka, mawar merah ini sangat cocok untuk menyatakan perasaan cinta seseorang. Nah, tunggu apa lagi? Sebaiknya jangan ragu apabila dia datang membawa mawar merah di hari Valentine, hal itu pertanda si dia ingin mengatakan
“aku mencintaimu”.
2. Mawar Putih. Mawar yang putih terlihat bersinar dan sangat cantik. Mawar putih banyak digunakan para pria untuk memuja wanita.
Simbol dari jenis mawar putih ini adalah cinta sejati, kemurnian, kesungguhan, kelembutan, kesucian dan kerendahan hati. Apabila saat Valentine day mendapat kejutkan mawar putih, berbahagialah karena artinya si dia ingin menunjukkan ketulusan cintanya.
3. Mawar Merah Muda/ Pink. Sebagai mawar favorit pilihan ketiga, mawar merah muda ini memiliki warna yang menggemaskan, sangat menggoda dan membuat siapa pun yang menerimanya tersipu malu.
Mawar pink melambangkan penghargaan, kebahagiaan, kekaguman, kelembutan, kasih sayang dan ucapan terima kasih sebagai seorang sahabat yang dekat.
4. Mawar Kuning. Mawar kuning disebut juga mawar persahabatan. Warna kuning yang tersimpan di balik keceriaannya menyimbolkan persahabatan yang sejati, kekaguman atas persahabatan, ucapan selamat datang, suatu awal yang baru dari sesuatu, kenangan indah yang tak terlupakan. Semangat persahabatan sejati tersimpan di dalam indahnya mawar kuning.
5. Mawar Oranye. Mawar ini mungkin jarang dijumpai dan tak begitu populer. Namun pesan yang tersimpan di dalamnya begitu dalam, seolah seperti si dia ingin mengatakan “Aku ingin kamu jadi bagian di dalam hidupku.” Warna oranye atau jingga menyimbolkan gelora cinta yang menggebu-gebu, kekaguman yang luar biasa, dan rasa haus akan cinta.
6. Warna Peach. Mawar peach ini juga termasuk langka dan jarang ditemui. Namun si peach ini melambangkan kedekatan. Makna yang tersimpan di dalamnya merupakan pernyataan cinta sekaligus lamaran. Biasanya mawar jingga ini diserahkan berdampingan dengan cincin yang ingin disematkan di jari sang kekasih sambil bertanya,
“Would you marry me?” (Disadur dari arti sebuah Mawar).

Sungguh Indah penyajian bunga mawar dalam mewakili cinta. Tuhan menciptakan bunga-bunga demikian indahnya sebagai lambang bahwa Cinta Tuhan sungguh indah bagi kita manusia yang berkenan dihati-Nya.
Tuhan melindungi, menyayangi dan memberkati sahabat semua

6 responses to this post.

  1. waw…infonya bagus sekali.. saya jadi lebih mengerti makna yang tersimpan dibalik warna mawar tersebut. saya memang orang yang sangat menyukai hal yang berbau romantis, makanya saya penasaran dengan kutipan tentang mawar ini. dulu saya pernah diberi sebuket mawar merah. tapi saat saya menerima bunga itu yang ada dalam pikiran saya bukan romantis tetapi malah boros. karena bunga mawar itu asli dan suatu saat nanti bunga itu akan layu dan akan menjadi sampah. maka saya merasa bunga mawar itu gak ada gunanya. memang sih terlihat romantis. saya pun juga senang menerima bunga mawar itu. hanya saja saat sudah layu dan harus dibuang, saya sangat berat membuangnya. hehe.😀
    tapi postingannya bermanfaat untuk orang-orang yang belum mengerti tentang makna dari bunga mawar dan warnanya.
    Terima Kasih atas infonya. Tuhan memberkati.🙂

    Reply

  2. Banyak sekali arti dari berbagai bunga mawar, terima kasih atas infonya.😀

    Reply

  3. Mawar menurut saya memang bunga yang mewakili rasa cinta kita kepada seseorang maka dari itu Tuhan menciptakan mawar agar kita dapat mengungkapkan cinta kita kepada seseorang sama hal nya dengan Tuhan mencintai kita semua dan menyayangi kita dengan tulus🙂

    Reply

  4. 1701293351_Andre Jonathan : mawar merupakan bunga yang melambangkan cinta. mawar bunga yang sangat cantik dan memiliki harum yang khas. banyak sekali pria yang ingin menyatakan cinta kepada pasangannya dengan memberikan bunga mawar sebagai tanda ketulusan dan cintanya kepada sang wanita. saya baru tau kalau mawar memiliki banyak warna dan arti. sungguh indah dan bermakna sekali ciptaan Tuhan…

    Reply

  5. Posted by santoso on March 26, 2014 at 1:53 pm

    mawar ya hmm… siapa yg tidak kenal kembang yg satu ini keindahan warna dari setiap kelopak bunganya, mawar satu bunga yg melambangkan banya arti dari setiap warna kelopaknya, bunga ini melambangkan cinta,kejujuran,kesedihan dan kekecewaan,
    tapi sayang bunga seindah ini memiliki duli yg membuat rasa perih bila tertusuk

    04PFK_santoso

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: