Rapat

Rapat menjadi bagian dari pengambilan keputusan.

board-meetingCor unum et anima una (Satu hati satu pikiran). Semboyan ini saya pilih saat terpilih menjadi Koordinator Bidang Teritorial tahun 2005 di mana saya merasa bahwa setiap kelompok apa saja harus bisa sehati sejiwa untuk mendapatkan suatu kesepakatan untuk menjalankan roda organisasi. Perbedaan pendapat itu biasa dan logis, tetapi akan menjadi tidak biasa, kalau ada unsur pemaksaan kehendak. Di sana akan menghasilkan hal-hal yang kurang diingini.
Perjalanan waktu memang cepat sekali sehingga kita harus bisa memanfaatkannya semaksimal mungkin. Dalam setiap rapat, saya selalu mengusulkan yang ideal adalah 60 menit, maksimal 90 menit. Kita menggunakan waktu rapat lebih dari 60 menit adalah hal luar biasa, tetapi rapat terlalu panjang menunjukkan pemanfaatan waktu yang sia-sia.
Suatu hari waktu saya di Singapura, saya mengikuti suatu simposium. Sebelum rapat dimulai, pimpinan sinposium memberikan agenda dan menunjuk seorang untuk mengawal waktu. Saya langsung teringat setiap akan rapat kabinet atau sidang konvensi Lions Clubs Indonesia atau rapat-rapat dalam Clubs, maka selalu ditunjuk satu orang untuk mengawal waktu. Dia disebut seargent of arms, yang memiliki kekuasaan menghentikan pembicaraan, menentukan waktu bicara dan mengarah supaya pembicaraan terarah, termasuk juga ketika pimpinan rapat terlalu bertele-tele.
Pengambilan suara sudah diatur dengan warna kartu. Kartu merah sebagai pemegang suara, kartu kuning sebagai alternate kalau pemegang suara berhalangan. Selain itu ada juga Tail Twister, seorang yang ditunjuk sebagai penggembira, di mana rapat harus ceria dan melakukan ice breaking kalau terjadi deadlock, membuat peserta rapat tidak ngantuk, dan memberi denda kalau ada yang ngobrol sendiri. Selain itu masih ada tamer, seorang yang ditunjuk menjadi penyedia sarana dan prasarana, termasuk urusan alat tulis, LCD, paper, termasuk makanan dll.
Lions Clubs memang merupakan suatu organisasi yang tertata sangat rapi dan indah, terutama soal rapat di mana protokoler sangat didahulukan, cara duduk, tempat duduk semua sudah diatur. Saya rasa kita boleh belajar banyak dari NGO terbesar di dunia ini, bahkan satu-satunya orgaanisasi NGO (Non Gouvernment Organization) yang bisa duduk dalam sidang PBB.
Rapat memang sangat penting untuk mengambil keputusan. Di kantor saya sudah diatur hanya 30 menit saja setiap pagi jam 08.30. Senen jatah BOD, Selasa HRD, Rabu Marketing, Kamis Operasi, Jumat Keuangan, dan Sabtu Libur bukan untuk berleha-leha tapi kesempatan untuk lobby, main golf, trainning dan lain sebagainya.
Sebagai CEO saya selalu berusaha membawa perusahaan dalam keadaan stabil, terkendali dan berjalan normal. Rapat akan menjadi sangat penting untuk mencapai keadaan demikian.
Satu pertanyaan juga sering datang, kalau rapat sama bawahan mereka selalu ABS (asal bapak senang) atau nurut wae, yang sulit itu kalau rapat dengan diri sendiri wah ini perlu perimbangan khusus.
Semoga kita semua selalu diberkati dengan pikiran positif untuk membangun jiwa dan pikiran, sehingga bisa menjadi pemimpin baik untuk bangsa dan negara, gereja, perusahaan juga memimpin diri kita sendiri.

52 thoughts on “Rapat

  1. vieolyvia

    rapat memang sangat penting dalam suatu perusahaan aupun perkumpulan
    dalam rapat akan di bicarakan hal-hal penting maupun membahas suatu permasalahan

    suatu rapat akan berjalan dengan baik jika pemimpin maupun peserta rapat dapat berkerja sama dengan baik
    saya sangat setuju bahwa rapat terlalu panjang menunjukkan pemanfaatan waktu yang sia-sia

    Reply
  2. julyandri

    Rapat adalah cara terbaik untuk mengambil suatu keputusan.Di dalam rapat terdapat banyak orang sehingga masing” orang dapat memberikan pendapat atau saran masing-masing.Dan keputusan yang dibuat merupakan keputusan bersama

    Reply
  3. hendiasim

    Dalam rapat,siapapun berhak untuk menyampaikan apa yang menjadi pendapatnya asalkan ia memiliki alasan mengapa ia mengeluarkan pendapat tersebut,Tentunya alasan tersebut juga haruslah masuk akal.
    Jangan pernah memaksakan supaya kehendak kita yang dilaksanakan,tetapi harus ada sikap toleransi kepada yang lain.

    Reply
  4. steffanus sasteradinata

    rapat merupakan sarana yang terbaik dalam mengumpulkan beberapa buah pikiran yang akan di ambil untuk menjadi sebuah keuputusan demi kepentingan kelompok tertentu.. yang pasti perlu ada sikap saling menghormati dan toleransi kepada yang berpendapat lainnya

    Reply
  5. Suriia

    kita tahu bahwa dalam setiap organisasi kita akan menemukan suatu pertemuan yang dimana kita sering menyebutnya dengan sebutan rapat. rapar ini biasanya di lakukan untuk membicarakan suatu hal yang penting atau menyelesaikan masalah yang sedang di alami dalam organisasi tersenut. di dalam rapat tidak hanya 1 orang yang boleh berpendapat, tetapi semua peserta wajib dan berhak untuk mengeluarkan suara mereka atau pendapat mereka. tetapi mereka tidak boleh memaksakan kehendak mereka nahwa pendapat mereka adalah yang benar. saya sangat setuju jika sekarang sudah ada konsep rapat seperti yang di jelaskan di atas. karena dengan begitu rapat akan berjalan dengan baik, tanpa membuang waktu, tanpa ada konflik, dsb. semoga ini terus oleh di erapkan dalam berbagai macam organisasi ataupun perkumpulan lainnya.

    Reply
  6. Dewi Susanti

    saya setuju dengan anda bahwa rapat menjadi bagian dari pengambilan keputusan, tanpa ada rapat maka suatu perusahaan atau organisasi tidak akan tumbuh, berkembang dan maju. rapat yang baik itu menurut saya semua peserta yang mengikuti rapat harus menyampaikan pendapat demi kemajuan organisasi tidak hanya ABS(Asal Bapak Senang) saja. saya juga setuju bahwa pengambilan suara harus diatur dengan warna kartu. hal ini sangat unik dan membuat suasana rapat menjadi terarah, maksimal,dan lebih menyenangkan. suatu saat nanti bila saya berada di rapat perusahaan saya akan mengingat mengenai warna kartu yang anda katakan.

    Reply
  7. yohanesxgunawan

    rapat memang sangat baik untuk mengambil keputusan namum ketika rapat ada baiknya apabila kita tidak setuju kita harus berusaha menyampaikan pendapat…karena rapat itu sendiri adalah pengambilan keputusan bersama sehingga apabila ada yang tidak setuju harus memberikan tanggapan

    Reply
  8. Weny Kurnia Dewi

    rapat merupakan sesuatu yang sangat penting. karena dalam rapat bnyak yang harus dirundingkan mengenai sesuatu hal dalam mencapaian tujuan. dalam rapat tidak jarang akan ada perselisihan, karna masing” pribadi sama sama ingin mempertahankan pendapatnya.. tapi rapat yang baik adalah rapat yang musyawarah untuk mencapai mufakat.

    Reply
  9. Elia Cristin

    Dalam hal membicarakan soal rapat kita harus tahu bahwa rapat diselenggarakan untuk memecahkan suatu masalah dan adanya materi rapat yang dibahas untuk mencapai tujuan bersama tanpa ada pihak lain yang ternganggu saya setuju dengan artikel di atas kita tidak boleh dalam mengikuti rapat dengan sistem ABS (Asal Bapak Senang) kita harus juga kritis dalam memberikan saran dan opini kita. agar kita pun juga dapat aktif dalam membangun sebuah negara yang baik. kita juga dapat berpikir positif untuk ke depannya.

    Reply
  10. mariani purnama

    dalam rapat memang haruslah efektif dalam waktu maupun pengambilan keputusan, dalam setiap rapat benar2 diperlukan keterbukaan dan kepedulian bersama, jangan semata- mata untuk kepentingan pribadi melainkan untuk kepentingan bersama.

    Reply
  11. sylvia

    Rapat memang penting dilakukan untuk mencapai target atau memajukan usaha dalam suatu organisasi. Dalam rapat akan dicapai kesepakatan yang telah dirundingkan bersama, dan setiap peserta rapat bebas menyampaikan pendapat (logis) mereka. Dan saya setuju, waktu dalam melakukan rapat jangan terlalu panjang.

    Reply
  12. daniel

    Rapat adalah hal yang paling baik dilakukan untuk mengambil keputusan di antara orang banyak,,
    di dalam rapat akan terdapat banyak pendapat yg di lontarkan naka dari itu untuj tindajan tepatnya kita harus menanyakan kepada setiap anggota dalam rapat tersebut apakah menyetujuinya atau tidak karena keputusan yang akan diambil dalan rapat adalah keputusan bersama

    Reply
  13. Aan kurniawan

    indonesia menganut pengambilan keputusan berdasarkan suara terbanyak dan salah satu caranya adalah dengan rapat..rapat adalah salah satu cara buat mengambil keputusan berdasarkan suara terbanyak

    Reply
  14. meriana

    saya setuju, rapat merupakan suatu pengambilan keputusan yang dirudingkan dan disepakati oleh bersama untuk mencapai suatu kesepakatan dan tujuan tertentu.

    Reply
  15. Eliriani

    rapat adalah kesempatan untuk menampung setiap ide,gagasan,laporan hasil kerja,bahkan sampai mengambil keputusan dari berbagai pertimbangan yang dihasilkan,,,di meja rapat untuk satu tujuan,…yaitu keberhasilan..dimasa depan..tapi terkadang rapat pun hanya di pandang sebagai sebuah simbol dimna hasil akhirnya sudah direkayasa…bahkan hanya mnjdi sebuah syarat saja..oleh pihak2 tertentu,tanpa rasa tanggung jawab yang penuh…hal ini sangat mengurangi arti maupun fungsi sebuah rapat.

    Reply
  16. anthoni9un

    oleh karena itu rapat harus menjadi pengambil keputusan agar sesuai denganrencana da organisasi menjadi telatur dan rapat harus disusun secara ra[i agar menjadi telatur

    Reply
  17. Budi Tan Wijaya

    saya setuju dengan yang dimaksut rapat merupakan keputusan yang tepat.
    karna rapat sangat berperan penting untuk perusahaan ,,bkan hanya perusaahaan,,melainkan yang lain pun ikut serta dalam rapat.
    untuk berjalanya rapat dengan baik kita harus memiliki kerja sama baik dari pemimpin ataupun peserta rapat.

    Reply
  18. lisda

    dalam suatu perusahaan sangat pelu sekali diadakan nya rapat
    bkn hanya peruha’an2 besar saj. tai tiap pekerjaan yg di kerjakan lebih dr 2org sebenarya perlu di adakan rapat. agar membantu dan mengeluarkan solusi yg tepat untuk kedepan nya demi memajukan usaha tersebut.

    Reply
  19. Dyah Indah Pratiwi

    rapat sangat di butuhkan di perusahaan atau di masyarakat , karna rapat dibutuhkan untuk mencari saran yang paling bagus . kalau tidak ada rapat bagaimana perusahaan bisa berkembang .

    Reply
  20. Stefina Angga

    Tujuan utama rapat adalah untuk menghasilkan suatu kesepakatan bersama, maka apabila suatu rapat hanya didominasi oleh orang-orang tertentu saja dapat dikatakan bahwa itu bukanlah rapat, melainkan sistem otoriter saja. Jadi, semua orang yang hadir dalam rapat memiliki hak yang sama untuk memberikan pendapatnya masing-masing. Dan saya kira pengaturan waktu dalam rapat sangat baik adanya dan patut untuk dicontoh oleh banyak pihak agar dalam rapat tidak hanya orang tertentu dengan jabatan tinggi saja yang selalu berbicara, sehingga rapat dapat dijadikan alternatif pengambilan keputusan bersama yang tidak membosankan lagi.

    Reply
  21. erwinwiryanto18

    rapat adalah bagian dari musyawarah jadi apabila segala sesuatu dilakukan dengan bermusyawarah pasti akan menemukan solusi yang pas, dan akan membuat perusahaan tersebut berkembang juga, rapat dibutuhkan supaya komunikasi perusahaan dapat terjaga dengan baik.

    Reply
  22. meldawati

    rapat merupakan sesuatu yang sangat penting, rapat juga penting dalam suatu perusahaan untuk memberi saran atau pendapat dalam rapat tersebut. rapat juga dibutuhkan komunikasi yang baik dengan perusahaan, karyawan-karyawan tersebut.

    Reply
  23. debihendrikaM

    karena Indonesia adalah negara yang demokratis maka saya sangat setuju bila diadakan rapat. karna dengan begitu kita bisa memberikan pendapat kita, bertukar pikiran dan dengan begitu kita bisa membuat suatu keputusan bersama tanpa merugikan orang lain.

    Reply
  24. cynthia aileen

    Rapat dilaksanakan untuk mengambil jalan tengah atau keputusan dari banyak pendapat. Dalam rapat, kita harus menghargai pendapat orang lain dan ikut berpartisipasi dalam memberikan suara. Namun, didalam rapat, kita tidak boleh memaksakan kehendak kita. Kita harus mencari jalan terbaik dalam mengambil keputusan agar keputusan tersebut berguna dan berhasil dalam memajukan suatu organisasi

    Reply
  25. Steward

    Dalam setiap rapat, sebaiknya waktu yang kita gunakan tidaklah terlalu lama, karena jika terlalu lama akan membuat rapat menjadi terlalu banyak membahas hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dibahas. Hal tersebut hanya akan membuang-buang waktu saja, sebaiknya kita mengisi rapat dengan hal-hal penting. Dalam sebuah rapat, membuat ice breaking memang sangat diperlukan, apalagi bahan rapatnya sangat serius dan padat, sehingga membuat peserta rapat bosan.

    Reply
  26. brian sisyadi

    saya sangat setuju dengan sistem yang dibuatnya karena ini akan menghasilkan rapat yang kondusif dan tak membosankan dengan keefesienan dan keefektivitasan yang tinggi, rapat yang terlalu panjang sangat membosankan dan malah membuat aspirasi yang baik menjadi hilang tertutup dengan kepenatan yang muncul

    Reply
  27. Lianeu Suci Francizca

    sebagai pemimpin yang baik, kita harus mengadakan rapat sebelum menentukan suatu keputusan, karena dengan adanya rapat, kita dapat mendapatkan saran baik dari atasan maupun bawahan kita yang mungkin akan membuat keputusan yang akan kita ambil menjadi lebih baik

    Reply
  28. Yessica Permata Harry

    Rapat memang sangat penting untuk kita bisa membuat suatu keputusan yang akan mengasilkan hasil yang baik. Karena di dalam rapat terdapat banyak orang yang bisa memberikan suatu pendapat yang dimana bisa menghasilkan suatu keputusan” yang sangat baik untuk di jalankan dan dilaksanakan oleh semua pihak yang ikut dalam rapat tersebut

    Reply
  29. erika sufito

    rapat sering dilakukan dalam suatu organisasi . penting bagi organisasi melakukan rapat . karena dengan adanya pertemuan kita bisa mengevaluasi kesalahan dalam kegiatan organisasi dan membahas kegiatan organisasi yang lain.

    Reply
  30. Theresia

    rapat memang penting bagi suatu perusahaan kecil maupun besar, tetapi suatu rapat itu tidak seharusnya bertele-tele. Hanya saja yang penting bisa menjelaskan inti dari suatu permasalahan yang akan di bahasa dalam suatu perusahaan.

    Reply
  31. Veronica

    sangatlah tidak efesien buila dalam suatu raoat membicarakan yang tidak ada dalam topik rapat , sangatlah sia-sia waktu kita , akan lebih baik jika kita membuat suatu perencanaan topik di dalam suatu meeting agar waktu kita lebih efesien .

    Reply
  32. susanti_9411

    rapat memang penting dalam mengambil keputusan kita bisa tau kurang dan lebihnya keputusan yang kita ambil itu apakah baik atau tidak? menimbulkan dambak negatif atau positif? dengan adanya rapat segala keputusan bisa di pikirkan dengan matang-matang sebelum dilaksanakan.

    Reply
  33. putri indrayana

    rapat sering di lakukan sebelum pengambilan keputusan atau untuk membicarakan hasil & laporan dari suatu kegiatan
    rapat di sini penting untuk menyelaraskan tujuan antar anggota juga memantau hasil dari kegiatan yang di lakukan

    Reply
  34. Cynthia Sonialyta

    Rapat merupakan suatu sarana untuk mencapai mufakat dalam penyelesaian suatu masalah ataupun dalam pengambilan sebuah keputusan. Namun, rapat yang dilaksanakan terlalu lama, tidak akan memberikan hasil apa-apa karena menunjukkan management waktu yang tidak baik. terus menerus dibahas namun dalam penerapannya, tidak segera direalisasikan. Seorang pemimpin rapat juga harus dapat mengendalikan jalannya rapat sehingga tetap berada dalam topik permasalahan dan pengajuan pendapat tetap berjalan tertib.

    Reply
  35. hedwig gerardine calvin

    Rapat adalah pertemuan atau. Kumpulan dalam suatu organisasi, perusahaan, instansi pemerintah baik dalam situasi formal maupun nonformal untuk membicarakan, merundingkan dan memutuskan suatu masalah berdasarkan hasil kesepakatan bersama.

    Reply
  36. Desmonda lienardi

    rapat sangat penting dilakukan oleh suatu perusahaan. dirapat kita bisa mengutarakan pendapat dan saran kita. Rapat memang sangat penting untuk mengambil keputusan. dan didalam rapat kita juga harus sehati, sejiwa dan saling terbuka antara satu sama lain.

    Reply
  37. lannyseptiany2012

    rapat pd suatu perusahaan / organisasi sgt penting dan bermanfaat. karna di dlm rapat kita dpt mengeluarkan pendapat kita serta berdiskusi kepada sesama anggota rapat agar mendapatkan suatu keputusan yang tepat.

    Reply
  38. Bill L.

    Rapat adalah suatu cara untuk mencapai kesepakatan dalam suatu masalah ataupun dalam pengambilan sebuah keputusan. Namun, rapat yang dilaksanakan terlalu lama, tidak akan memberikan hasil apa-apa karena menunjukkan management waktu yang tidak baik. Rapat harus dapat dikendalikan sehingga pengajuan pendapat tetap berjalan lancar.

    Reply
  39. nindyastyan

    Rapat adalah berkumpulnya sekelompok orang untuk menyatukan pikiran yang berguna untuk melaksanakan urusan perusahaan. Rapat organisasi di maksudkan untuk berkomunikasi, perencanaan , penetapan kebijaksanaan, pengambilan keputusan, atau pemberian motivasi. Terkadang rapat juga tidak menghasilkan keputusan yang efektif.

    Reply
  40. jtimothy7

    Rapat membuat kita lebih mudah memutuskan suatu hal yang sulit dilakukan sendiri , rapat juga merupakan suatu hal yang dapat membuat kita mengetahui kesalahan atau apa yang dapat kita tambahkan didalam perusahaan yang sedang mengalami masalah
    Joel Timothy/01PA2/1701290141

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s