Benteng (2)

Seorang yang tidak menggunakan pikiran positifnya sama dengan benteng yang tidak dijaga.

Tembok Besar China

Web Benteng Indonesia menulis bahwa Indonesia adalah suatu negara sangat unik dengan beraneka kekayaan alam. Terdapat 275 bekas benteng pertahanan, baik bekas Belanda maupun Jepang. Salah satu benteng besar seperti Kastil Batavia, yang dihancurkan pada abad ke-19. Banyak benteng yang perlu dipugar demi masa depan sekaligus melestarikan budaya bangsa. Anda bisa kunjungi http://www.benteng indonesia.org
Menarik sekali pentingnya benteng sebagai warisan budaya. Salah satu benteng tertua di Indonesia adalah Benteng Pendem di Cilacap (Kusbatterij Od de Lantong te Cilacap) yang dibuat tahun 1861, tapi baru ditemukan 1946, lalu digali dan diperbaiki dan akhirnya digunakan tentara Indonesia untuk bertahan melawan penjajah.
Aku pernah mengunjungi Benteng Pendem, Fort de Kock. Di Palembang ada Benteng Besak. Banyak benteng yang sudah aku kunjungi. Tembok Besar di Cina (Wan li Chan Zhen) yang paling aku kagumi karena arsitek pembuatnya tentu tak kuliah arsitek, lalu konstruktornya pasti bukan insinyur sipil. Tembok Besar dibangun ribuan tahun lalu untuk membenndung pasukan Mongolia masuk ke Cina.
Saya sekolah Teknik Sipil Trisakti, tapi belum pernah menghitung konstruksi gedung atau jembatan, tapi terlibat aktif dalam banyak pembangunan. Bahkan para ahli jembatan di Indonesia selalu mengajak diskusi sama saya, termasuk saat Jembatan Kutai Kartanegara roboh.
Kalau kita main catur, maka benteng kiri kanan paling kuat saat semua prajurit dan perwira lainnya lumpuh. Sisa benteng yang menjaga Raja dan Ratu. Mengapa benteng perlu dibangun? Untuk jaman modern, benteng sudah tidak memerlukan bangunan karena senjata sudah sangat tangguh. Saat ini membangun benteng sama dengan kekuatan Strategi dan senjata, baik di darat, di laut dan di udara.
Demikian juga kehidupan kita. Perlu dibangun sebuah benteng untuk mempertahankan roh dan jiwa kita. Pertahanan utama atau benteng kekuatan kita adalah pikiran positif.
Semoga kita bisa membangun ”benteng” kita dengan kekuatan senjata berupa spiritualitas Katolik.

56 responses to this post.

  1. saya setuju dengan artikel ini, karena kita harus membangun benteng yang kuat didalam diri kita sendiri. Supaya tidak mudah roboh kita harus berpikir positif dan pantang menyerah. Dalam kehidupan pasti mengalami banyak masalah-masalah. Jangan lupa kita meminta pertolongan bersama Tuhan supaya diberi benteng yang kuat.

    Reply

  2. Saya setuju dengan artikel anda. Kita harus membangun benteng yang kuat agar terhindar dari perilaku dan perbuatan negatif. Anggaplah masalah sebagai cobaan hidup yang harus dihadapi dan selesaikan dengan cara yang bijak. πŸ˜€

    Reply

  3. saya sangat setuju dengan artikel ini benteng sangat penting dalam hidup kita,maka dari itu kita harus membuat benteng yang kuat agar terhindar dari perilaku negatif.benteng kekuatan kita adalah pikiran positif,dalam hidup pasti banyak cobaan jadikanlah cobaan itu sebagai hal yang positif,dan minta pertolongan kepada tuhan agar diberikan benteng yang kuat.

    Reply

  4. dalam mempertahankan suatu hal, diperlukan benteng untuk melindunginya. Karena, benteng membantu menghalau serangan dari berbagai pihak. Sama dengan hidup kita, kita memerlukan benteng untuk menjaga hidup kita. Saya setuju dengan artikel diatas, bahwa sebuah benteng mempertahankan roh dan jiwa kita. Pertahanan utama atau benteng kekuatan kita adalah pikiran positif. Hal ini dapat menjadi senjata kita agar tidak negative thinking dalam setiap hal yang kita lakukan. Dengan memandang segala sesuatu hal dengan positif, kita menyadari hidup ini yang indah dan menjalaninya terbaik untuk mendapat hal terbaik pula.

    Reply

  5. saya sangat setuju sangat diperlukan sekali benteng dalam diri kita. benteng untuk melindungi kita dari sesuatu yang buruk maka kita harus mempunyai pikiran positif. pikiran positif membuat kita tidak berpikiran yang aneh-aneh terhadap segala sesuatu yang sedang kita pikirkan pikiran negatif hanya membuat jiwa dan raga kita menjadi buruk karena orang-orang menilai kita menjadi negatif. pikiran itu sangat susah dikendalikan. manusia sangat besar mempunyai nafsu yang berkeinginan tetapi hal itu bisa diubah apabila kita mau merubahnya dan mau menjadi yang lebih baik lagi.

    Reply

  6. saya setuju dengan artikel di atas jika dalam kehidupan kita kita selalu berpikiran negatif pasti hasil yang kita dapatkan akan bruk tetapi jika kita selalu berpikiran positif akan apa yang kita perbuat jika itu benar da mata Tuhan Ia pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita.

    Reply

  7. saya setuju dengan artikel ini, kita harus menciptakan benteng kita sendiri untuk menjaga dan melindungi kita ..
    saya teringat lagu gereja lama yang berlirik
    “hanya dekat Allah saja aku tenang
    daripadaNyalah keselamatanku,
    hanya dia gunung batuku, hanya dia kota bentengku
    aku tidak akan goyah slama-lamanya”
    lagu ini membuat saya kuat karena saya yakin Yesus beserta saya dan melindungi juga menyertai perjalanan hidup saya ini, amin πŸ™‚

    Reply

  8. benteng pertahanan kehidupan harus kita bangun dari usia dini agar benteng pertahanan tersebut semakin lama semakin kuat dan tidak mudah goyah. saat benteng hati kita dihantam oleh kerasnya masalah, di situlah saat dimana kekuatan benteng diuji. jika benteng kita kuat, kita akan menang tapi saat benteng kita lemah, masalah itu akan menggerogoti hai kita sampai habis

    Reply

  9. Posted by mariani purnama on December 4, 2012 at 5:06 pm

    sangat menginspirasi pak. bila kita selalu berpikir positif maka tidak akan ada masalah yang akan terlihat besar di kehidupan kita.

    Reply

  10. Benteng dalam diri membatasi kita dengan segala macam hal yang tidak terpuji. Benteng layaknya sekat yang menjaga kita. Kuat atau rapuhnya benteng kita tergantung bagaimana kita membangun benteng tersebut. Menahan diri dan membimbing diri dapat mendukung dalam pembentukan benteng yang kuat. Benteng yang kita bangun dapat membentuk pola pikir kita menjadi lebih matang dan dewasa. Benteng yang kuat akan mampu menghadapi segala macam gangguan yang datang. Membangun benteng yang kuat tidaklah mudah, namun benteng yang kuat dapat dibentuk oleh siapapun yang memiliki tekad yang kuat.

    Reply

  11. Kita memang harus bisa menjaga benteng kita , kalau tidak bisa direbut orang lain yang ingin jahat dengan kita . apa lagi pikiran kita yang ingin kita keluarkan atau tindakan yang ingin kita lakukan semua harus dirahasiakan terlebih dahulu dari orang lain apa lagi dari orang yang ingin jahat/licik dengn kita . kita juga tidak boleh mudah terpengaruh dengan apa yang orang lain katakan pada kita , apa lagi dengan pengaruh perkataan yang sangat manis di telinga kita, itu yang bisa membuat kita jatuh dalam perangkapnya yang licik . kita harus bisa membangun benteng yang sangat kuat supaya tidak ada yang ingin merebutnya dari kita.

    Reply

  12. Kita harus membangun benteng di dalam diri kita, seperti benteng china. Benteng jaman dulu membuktikan bahwa orang-orang dulu meskipun tidak sekolah, tapi mereka bisa membangun sesuatu yang bagus dan kokoh. Semestinya kita yang sekolah harus melebihi kemampuan mereka. Sebelum membangun benteng dalam negara, kita harus membangun benteng dalam diri kita terlebih dulu.

    Reply

  13. saya sangat setuju dengan artikel ini.
    kita memang haruslah membangun benteng yang kuat didalam diri kita sendiri. Supaya bila ada masalah tidak akanmudah roboh
    kita juga harus berpikir positif dan pantang menyerah.
    Dalam kehidupan yang kita jalani pastilah mengalami banyak masalah-masalah. Jangan lupa kita meminta pertolongan bersama Tuhan supaya diberi benteng yang kuat.

    ingat lah Tuhan selalu bersama kita πŸ™‚

    Reply

  14. Benteng yang kuat dari diri manusia adalah dari fikirannya,jika seseorang berfikir bahwa dirinya tidak bisa melakukan apa apa maka tidak bisa apa apalah dia,,
    Oleh karena itu kita harus berfikiran positive dan tidak lupa berdoa dengan tuhan untuk menyertai kita dalam setiap kegiatan yang kita lakukan,
    Karena fikiran positive dan doa adalah benteng pertahan yang kuat

    Reply

  15. ketika seseorang jatuh dan terpuruk dalam masalah, seseorang itu harus bangkit dan selalu bersemangat untuk membuat benteng yang kuat agar dapat menahan kesedihan yang terjadi dalam masalah tersebut.

    Reply

  16. benteng jaman sekarang ini adalah kestabilan ekonomi, kualitas masyarakat, strategi perang, pembangunan yang berkembang. kalau dulu benteng untuk menghindari pasukan berkuda tapi kalau sekarang ini sudah tidak bisa untuk menahan serangan teknologi yang berkembang pada saat ini. jadi tanpa benteng tembok pun kita harus bisa mempertahankan negara dari ancaman musuh.

    Reply

  17. Benteng berguna sebagai kubuh pertahanan suatu bagian atau daerah, benteng pasti di bangun dengan kontruksi yang kuat agar dapat menjaga keamanan bagian tersebut. sama seperti benteng pada diri kita, kita sebagai manusia pasti memiliki keyakinan masing-masing. yaitu agama dan nilai-nilai yang di anut.

    Reply

  18. Saya setuju dengan artikel ini , karena dengan “benteng” yang kuat , maka kita tidak akan sanggup dijatuhkan oleh hal-hal yang negatif.

    Reply

  19. lebih baik kita harus membuat , memperkokoh benteng untuk diri kita sendiri. agar diri kita itu tidak mudah runtuh dengan dosa-dosa dan perbuatan-perbuatan yang jahat.

    Reply

  20. Setiap manusia harus mempunyai benteng yang kuat dan kokoh dalam dirinya agar pendirian manusia tidak mudah runtuh dan terpengaruh oleh hal-hal buruk yang bersifat negatif. Kita harus menjaga dengan baik benteng kita dengan hal-hal yang positif agar benteng kita tidak mudah direbut oleh orang lain yang ingin berbuat jahat terhadap kita..

    Reply

  21. Saya setuju bahwa benteng yang kuat akan membuat kita selalu berpikir positif.Jangan goyah pada godaan negatif karena godaan tersebut akan membuat benteng kita semakin lemah.Buatlah benteng yang kuat dalam diri kita dengan melakukan tindakan yang positif alhasil kita akan menjadi orang yang sukses

    Reply

  22. benteng adaah batasan. jika kita mempunyai benteng yang kut kita akan mempunyai batasan yang kuat. misalanya dalam pergaulan kita bisa membentengi diri kita, ita tidak akan ikut pengaruh-pengaruh yang buruk kita bisa mengendalikan diri kita.

    Reply

  23. Benteng adalah bangunan untuk keperluan militer yang dibaut untuk keperluan pertahanan sewaktu dalam peperangan
    benteng merupakan simbol dari pertahanan suatu negara untuk mempertahankan negaranya dari peperangan.

    Reply

  24. Pikiran positif adalah benteng utama dalam memajukan tujuan yang dicapai.

    Reply

  25. benteng hidup kita harus diperjuangkan jika tidak kita dapat di kuasai oleh orang lain oleh karena itu kita harus belajar tegar kuat dan selalu mengandalkan Tuhan

    Reply

  26. Pada zaman dahulu benteng memberi perlindungan bagi suatu negara yang sadang mengalami peperangan agar pertahanannya tidak tertembus oleh lawan.Benteng dapat diartikan sebagai pegangan atau iman kita kepada Tuhan dalam menjalani perjalanan hidup kita.Semakin tebal dan kokoh iman kita maka kita dapat bertahan dari segala godaan dan kebimbangan di dalam kehidupan.

    Reply

  27. Membangun benteng yang kuat dan kokoh pada hidup kita untuk kita tahan terhadap semua serangan atau berbagai masalah dan ancaman, dengan Iman percaya kepadaNya tentu akan menjadi fondasi yang sangat-sangat kuat.

    Berfikir positif dan kritis dalam setiap menghadapi persoalan,
    Tuhan Menyertai kita semua, Amen

    Reply

  28. Posted by Dewi Jayanti on December 13, 2012 at 5:40 pm

    Benteng dalam diri kita adalah Kekuatan, kepercayaan, Keberanian. Jika mempunyai 3 hal itu, anda sudah mempunyai benteng yang koko untuk diri anda sendiri.

    Reply

  29. saya setuju dengan artikel ini menurut saya kita harus mempunyai benteng yang kuat karena jika kita tidak mempunya benteng yang kuat kita akan cepat terpengaruh oleh hal – hal yang buruk

    Reply

  30. Posted by patricia tangkumahat on December 14, 2012 at 8:26 am

    baiklah kita semua berpikir positif, pasti kalau kita selalu berpikir positif masalah sebesar apapun pasti akan menjadi gampang untuk kita lewati.
    karena berpikir positif adalah salah satu benteng yang kuat dalam diri kita

    Reply

  31. benteng seperti pertahanan , jika kita memiliki benteng yang kuat dan kokoh , maka jadikan benteng itu dalam diri anda dan jadikan itu sebagai benteng kehidupan .

    Reply

  32. zaman dulu benteng sangat lah di perlukan untuk melindungi diri dari musuh namun di zaman sekarang yang sudah modern dan tidak ada penjajahan lagi benteng sudah tidak digunakan lagi, namun benteng-benteng yang sudah ada merupakan peninggalan atau kenangan dari zaman dulu yang merupakan aset budaya peninggalan zaman penjajahan harus tetap kita jaga dan lestarikan.

    sama halnya dengan benteng yang berbentuk bangunan, di dalam diri kita juga perlu dibangun sebuah benteng yang kokoh dan kuat agar hati kita terlindungi dari musuh. saya setuju dengan anda bahwa benteng yang kokoh dan kuat berguna untuk mempertahankan roh dan jiwa kita. Pertahanan utama atau benteng kekuatan kita adalah pikiran positif. selain pikiran yang positif menurut saya benteng kekuatan kita adalah iman dengan iman yang kuat dan berhubungan baik dengan Tuhan maka hati kita telah terlindungi dari musuh (iblis).

    Reply

  33. kita harus selalu membentengin diri kita dengan pikiran-pikiran positif..dengan benteng yang kuat dan tidak mudah tembus,suatu hal-hal negatif tidak akan mudah masuk

    Reply

  34. benteng itu sebuah rumah atau pertahanan suatu wilayah

    Reply

  35. saya sangat setuju….dikarenakan dengan berpikiran positif dapat mengubah hidup kita …. jangan lah sekali kali untuk berpikiran negatif…karena itu dapat membawa hal hal yang buruk pada kita…

    Reply

  36. Posted by steffanus sasteradinata on December 17, 2012 at 5:26 pm

    kita harus memiliki benteng dalam hidup kita. yaitu berupa prinsip hidup yang kuat. agar kita tidak mudah terserang oleh pengaruh buruk dari luar..

    Reply

  37. dihidup kita harus ada benteng untuk mempertahankan sesuatu hal itu .

    Reply

  38. kita harus selalu mensugesti pikiran kita dengan pikiran yang positif,dengan pikiran yang positif kita dapat menyelesaikan berbagai masalah dengan sempurna, so keep positive thinking.

    Reply

  39. Posted by charakitti on December 18, 2012 at 1:00 pm

    kita sebagai manusia harus bisa membuat benteng yang kuat 5tapi juga jangan terlalu kuat agar biada ada kritik yang bagus kita bisa mebuat benten makin indah . tapi jangan benteng kita sendiri hancur hanya karena terbawa arus yang tidak baik

    Reply

  40. benteng adalah pertahanan untuk menghalangi musuh , sama dengan pikiran kita yang menjadi pertahanan kita untuk menghalangi musuh, jika kita tak berfikir jernih musuh akan mudah masuk mengambih harta kita, artinya dengan kita tak berfikiran jernih kita tidak akan tahu dimana musuh kita berada dan itu berarti mengosongkan benteng kita, kita harus berfikir positif karena dengan berfikiran positif kita tidak akan takut bahaya, dengan positif thinking kita akan terbebas dari rasa kuatir yang membilat orang banyak dijaman sekarang ini

    Reply

  41. benteng itu sangat penting bagi diri kita, mungkin kita tidak bisa tau pada saat kapan kita jatuh dalam hal kehidupa yang kita hadapi. Akan tetapi kita bisa membuat benteng dalam diri kita dengan terus mau berpegang teguh pada Tuhan, tidak jauh dari jalur Tuhan pasti hidup kita pun akan terus di lindungi Tuhan walaupun masalah yang kita hdapi seberat apapun pasti Tuhan akan terus membentengi kita

    Reply

  42. Posted by hedwig gerardine calvin on December 19, 2012 at 4:10 pm

    bangunan tempat berlindung atau bertahan (dr serangan musuh): hanya yg sempat berlindung di dalam — lah yg selamat; dinding (tembok) untuk menahan serangan; Olr nama salah satu buah catur yg penempatannya pd posisi awal permainan di kotak sudut paling kiri dan sudut paling kanan; ki sesuatu yg dipakai untuk memperkuat atau mempertahankan kedudukan dsb: agama adalah — pribadi yg akan melindungi diri dr serangan nafsu;

    Reply

  43. Posted by nemishi on December 19, 2012 at 5:57 pm

    Benteng sangat penting karena benteng dapat melindungi kita dari ancaman-ancaman. Hal ini karena jika tidak mempunyai benteng, kita akan akan cepat dilumpuhkan oleh ancaman-ancaman tersebut. Namun jika kita mempunyai benteng, setidaknya kita mempunyai waktu untuk melawan balik ancaman-ancaman tersebut.

    Reply

  44. Posted by sylvia on December 20, 2012 at 1:55 am

    saya setuju dengan artikel ini, dimana kita harus membangun benteng agar terhindar dari hal-hal negatif yang dapat menghancurkan kita.

    Reply

  45. Posted by Dessy Kristanti on December 20, 2012 at 8:58 am

    Tuhan Yesus adalah benteng yang kuat bagi kita orang2 yang percaya, maka dengan mendekatkan diri dan bergaul karib denganNya kita sudah dalam prose pembuatan benteng yang kuat

    Reply

  46. Yesuslah satu-satunya yang dapat menjadi benteng kokoh kita.Oleh karena itu,senantiasa dekatkan diri padaNya,agar kita mampu membentengi iman kita dari segala macam godaan.

    Reply

  47. Saya sangat setuju dengan artikel ini karena kita harus membagun benteng yg kuat untuk menghindari seragan-seragan yg negatif yg dpat membahayakan kita dan benteng yg kuat adalah benteng postif

    Reply

  48. Benteng pada jaman dulu yah itu untuk bertahan melawan para penjajah. tetapi benteng bagi kita sekarang yaitu benteng untuk menjaga diri kita sendiri terhadap pikiran negatif yang selalu menghantui dan perkataan-perkataan dari orang yang menjelek-jelekan kita. kita harus membangun benteng yang kuat dalam diri kita agar tidak mudah untuk digoyahkan oleh apapun. walaupun badai dan ombak menerjang kita. kita harus tetap berpikir positif untuk semua itu.

    Reply

  49. Posted by emilia agustina on May 26, 2013 at 5:43 am

    benar dalam hidup kita , kita harus membangun benteng sendiri di dalam diri kita bahwa kita haru s berpegangan teguh dengan diri kita sendiri

    Reply

  50. Posted by emilia agustina on May 26, 2013 at 5:44 am

    dan saya yakin selain diri sendiri yang menjadi benteng ada tuhan yang selalu menjadi benteng yang kuatyang menopang semua persoalan kita

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: