Teamwork

Kerja sama antara jiwa, roh dan raga, memang perlu!

Saya masih ingat pelatih dan mantan pemain sepak bola Jerman Frans Beckenbauer berkata : Kekuatan kesebelasan Jerman terletak pada team work di lapangan dan di luar lapangan, tetapi intinya kesebelasan ini punya Roh Kudus (holy spirit).
Suatu kejadian yang sangat memalukan wajah olah raga Indonesia adalah didiskualifikasinya tim bulu tangkis putri, karena bermain undur-undur (myrmeleontidae) di Olympiade London pekan lalu. Ini bukti kerja sama tim yang kompak banget, termasuk pelatihnya. Seandainya saja salah satu pemain menolak, atau pelatih atau ketua tim tidak mau, maka kejadian ini tidak mungkin terjadi.
Team work selain kita jumpai dalam dunia olah raga. Kita juga kenal di dunia business seperti rumah sakit di mana antara perawat, dokter dan pasien perlu kerja sama yang baik.
Dunia business, terutama bagian pemasaran (marketing) harus paling kompak kerja sama dengan operasi, HRD dan keuangan. Kalau salah satu kerja samanya putus, maka fatal adanya. Sebagai contoh kejatuhan kerajaan perusahaan Lehman Brothers beberapa tahun lalu. Masalah utamanya karena tidak adanya sinkronisasi kerja sama atau terutama di dalam kerja sama bidak keuangan dan operasional.
Sebuah Iklan di TV menawarkan produk multivitamin dan suplemen yang bisa menyembuhkan penyakit. Klinik Tong Fang (Dong Feng) yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit. Dikatakan bahwa menyembuhkan satu penyakit saja harus dilakukan suatu koordinasi team work yang kuat termasuk dokter, suster, peralatan dan obat-obatannya. Sebaliknya, kebiasaan kita memang suka hal-hal yang sederhana. Kalau perlu tidak usah ada kerja sama. Kita maunya sendiri sendiri. Ini amat berisiko dalam urusan apapun.
Kehidupan rohani kita di mulai dengan kerja sama dalam diri kita. Seluruh panca indra yang menjaga kesehatan, anggota tubuh, jiwa dan raga serta roh kita. Coba bayangkan satu bagian saja menolak perintah otak kita. Walahualam! Sekarang masalahnya adalah bagaimana membuat team work hati kita bisa bekerja sama secara serasi, harmonis dan penuh cinta.
Langkah pertama adalah mau mengerti orang lain, lalu mengerti diri sendiri. Ini adalah cetak biru (blue print) keharmonisan. Langkah kedua adalah meletakkan langkah-langkah kita dalam nilai positif. mulai dari kata-kata, tingkah laku dan kebiasaan. Niscaya luar biasa hasilnya. Langkah berikutnya boleh menjalankan hidup secara sederhana, penuh cinta kasih, penuh doa dan pengharapan. Setelah langkah-langkah tersebut kita jalankan mari kita pikirkan kerja sama jiwa raga dan roh. Sehingga lingkungan kita sungguh indah dan sehat adanya.

55 responses to this post.

  1. Posted by Cindy Purnamasari on March 26, 2014 at 9:02 am

    Saya sangat setuju dengan artikel ini. Teamwork memang sangat dibutuhkan, karena kalau tidak, suatu tim atau kelompok itu tak akan berfungsi dengan baik. Teamwork yang seperti itu juga ada dalam diri kita, yaitu antara jiwa, roh, dan raga. Jika salah satu bagian tidak bisa diajak kerja sama, kita tak akan bisa mencapai hasil yang diinginkan.

    Reply

  2. teamwork sangat dibutuhkan didalam suatu team, contohnya seorang system analyst harus berkordinasi dengan project manager untuk membangun suatu sistem informasi , bukan hanya ke project manager namun ia harus berkordinasi dengan user dari perusahaan yg ingin membangun sistem informasi dan dari data2 tersebut seorang system analyst harus berkerjasama ke programmer dalam pembuatan system tersebut. jadi jika salah satu tidak bisa bekerja maka semuanya tidak akan berjalan dengan baik. kerjasama bersama dengan team dan menggunakan jiwa roh dan raga …

    Reply

  3. Posted by 04PKF_Bayu Prabowo_1601267232 on March 26, 2014 at 12:48 pm

    kerjasama team memamng harus dilakukan. Apalagi dalam dulia bisnis kita harus bisa bekerja sama team yang baik agar tujuan perusahaan tercapai. sebuah sistem pekerjaan yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja.

    Reply

  4. Posted by Rinaldy Zulkarnain / 04 PJT / 1601277044 on March 27, 2014 at 2:52 pm

    Kerjasama adalah salah satu disiplin yang harus dikuasai oleh seseorang. Karena pada hakekatnya, manusia adalah manusia sosial. Itu berarti, manusia tidak akan bisa beraktivitas dengan benar-benar sendiri. Oleh karena itu, sesuatu yang sudah menjadi dasar dari kita mengapa tidak kita latih ? Sesungguhnya dengan bekerjasama semua hal akan jauh lebih bermakna ketika dilakukan

    Reply

  5. Posted by Windiana on March 27, 2014 at 3:32 pm

    Setiap tim maupun individu sangat berhubungan erat dengan kerja sama yang dibangun dengan kesadaran pencapaian prestasi dan kinerja. Dalam kerja sama akan muncul berbagai penyelesaian yang secara individu tidak terselesaikan. Keunggulan yang dapat diandalkan dalam kerja sama pada kerja tim adalah munculnya berbagai penyelesaian secara sinergi dari berbagai individu yang tergabung dalam kerja tim.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: